Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-Usul Rasi Bintang, Jawaban Soal TVRI 22 September SD Kelas 4-6

Kompas.com - 22/09/2020, 06:45 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Selasa, 22 September 2020 membahas mengenai Rasi Bintang untuk siswa SD Kelas 4-6.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal kedua dan jawabannya:

Soal: Buatlah maksimal dua paragraf menarik yang menceritakan sejarah atau asal-usul rasi bintang!

Jawaban:

Dilansir dari situs resmi International Astronomical Union (IAU), sejak pertama kali manusia mulai melakukan perjalanan di Bumi, benda-benda di langit menjadi hal yang sangat penting, khususnya untuk navigasi.

Perbedaan budaya dan sejarah manusia, bahkan cerita mitos sering dikaitkan dengan pola bintang di langit malm. Di mana pola-pola tersebut dikenal dengan konstelasi.

Studi arkeologi telah mengidentifikasi kemungkinan tanda astronomi yang dilukis di dinding dalam sistem gua di Lascaux di Prancis selatan.

Nenek moyang kita mungkin telah merekam pemandangan langit malam di dinding gua mereka sekitar 17.300 tahun yang lalu. Diperkirakan bahwa gugus bintang Pleiades terwakili bersama gugus Hyades di dekatnya.

Dari total 88 rasi bintang yang diakui IAU, setengahnya dikaitkan dengan bahasa Yunani kuno yang mengkonsolidasi karya-karya dari Babilonia kuno, Mesir, dan Asiria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com