Kompas.com - 22/09/2020, 06:30 WIB
Tangkapan layar Rasi Bintang Youtube/déabdilTangkapan layar Rasi Bintang

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Selasa, 22 September 2020 membahas mengenai Rasi Bintang untuk siswa SD Kelas 4-6.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal pertama dan jawabannya:

Soal: Jelaskan mengapa rasi bintang dapat dijadikan sebagai penunjuk arah?

Jawaban:

Pada zaman dahulu teknologi belum secanggih sekarang. Untuk melihat arah atau menunjukkan arah mereka masih menggunakan rasi bintang.

Rasi bintang dapat dijadikan sebagai penunjuk arah karena bintang bergerak secara teratur dan dapat diprediksi. Sehingga banyak orang-orang zaman dahulu yang menggunakan rasi bintang untuk navigasi, pertanian, keagamaan, dan mitologi.

Dilansir dari situs resmi Space, rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang terlihat di langit malam dan tampak saling terhubung serta membentuk formasi tertentu.

Pada zaman dahulu, formasi bintang-bintang itu digunakan manusia sebagai penunjuk arah ketika malam hari, khususnya mereka yang melakukan pelayaran.

Banyak manusia yang mengamati bintang tertentu yang paling terang di antara binyang lainnya. Bintang-bintang dengan cahaya yang paling terang menjadi patokan dan dihubungkan ke bintang sekitarnya.

Terdapat empat rasi bintang yang digunakan sebagai petunjuk arah, yaitu:

  • Biduk atau Ursa Mayor menunjukkan arah utara
  • Layang-layang atau Crux menunjukkan arah selatan
  • Kalajengking arah tenggara atau timur
  • Orion atau rasi pemburu menunjukkan arah barat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.