Sebutkan Minimal 6 Penerapan Konsep Matematika dalam Kehidupan

Kompas.com - 09/06/2020, 09:45 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI SMP 9 Juni 2020 tentang Penerapan Konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. KOMPAS.com/Arum Sutrisni PutriTangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI SMP 9 Juni 2020 tentang Penerapan Konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari.

KOMPAS.com - Belajar dari Rumah TVRI SMP 9 Juni 2020 membahas tentang Penerapan Konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari.

Dalam tayangan tersebut terdapat sebuah pertanyaan. Berikut ini soal dan jawaban Belajar dari Rumah TVRI SMP 9 Juni 2020:

Pertanyaan:

Sebutkan minimal 6 penerapan konsep matematika yang terdapat dalam kehidupan kamu sehari-hari!

Jawaban:

Enam penerapan konsep matematika yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  • Penerapan barisan dan deret matematika

Barisan dan deret matematika diterapkan oleh hampir semua penjual atau pedagang di pasar atau supermarket saat menyusun barang dagangan.

Contoh pedagang buah, di barisan pertama akan menyusul 6 apel, lalu menyusun 5 apel di barisan atasnya, lalu menyusun 4 apel di atasnya, dan seterusnya.

  • Penerapan aritmetika

Aritmetika diterapkan oleh para pedagang saat transaksi jual beli di pasar dan menghitung hasil penjualan. Sehingga dapat diketahui apakah untung atau rugi, apakah modal kembali atau tidak.

  • Penerapan bangun datar

Dalam kehidupan seahri-hari di masyarakat banyak dijumpai bangun datar. Contoh kerangka layang-layang.

  • Penerapan bangun ruang

Bangun ruang banyak sekali dijumpai di kehidupan sehari-hari. Misal bak mandi, bak cuci piring dan lain-lain. Dalam pembuatannya dilakukan penerapan perhitungan lebar, tinggi, dan diameter.

  • Penerapan garis koordinat

Penerapan garis koordinat terdapat pada dunia penerbangan yaitu pesawat terbang dilengkapi alat canggih seperti radar sebagai alat pendeteksi, kompas sebagai alat penunjuk arah.

  • Penerapan rumus keccepatan

Penerapan rumus kecepatan untuk menghitung kecepatan laju kendaraan dengan penghitungan jarak dan waktu.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X