Sahabat Pelangi 13 Mei, Materi Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD

Kompas.com - 13/05/2020, 05:45 WIB
Tangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI 13 Mei 2020 Kelas 1-3 SD, Sahabat Pelangi: Episode Chandra Oh Chandra (Tanggung Jawab dan Integritas). KOMPAS.com/Arum Sutrisni PutriTangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI 13 Mei 2020 Kelas 1-3 SD, Sahabat Pelangi: Episode Chandra Oh Chandra (Tanggung Jawab dan Integritas).

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI 13 Mei 2020 Kelas 1-3 SD membahas tentang Sahabat Pelangi: Episode Chandra Oh Chandra (Tanggung Jawab dan Integritas).

Berikut ini ringkasan materinya:

Pesan Sahabat Pelangi:

Teman-teman, kita wajib untuk patuh pada orang tua, apalagi membantu orang tua kita, pahalanya besar.

Selain itu, kita wajib menjaga amanah yaitu bila diberikan tugas atau dititipkan sesuatu, kita harus menyelesaikan dan menjaganya.

Segmen 1

Chandra disuruh ibunya mengantarkan barang dagangan ke tempat Om Yunus. Chandra sempat menolak karena terlanjur berjanji akan berkumpul dengan teman-temannya. Bila tidak menepati, Chandra takut dicap tukang bohong.

Ibu Chandra tidak dapat mengantarkan barang sendiri karena sedang sibuk dengan pekerjaan. Ibu Chandra mengusulkan solusi agar Chandra pamit dulu pada teman-temannya. Chandra pun setuju dan ibunya mengajak Chandra untuk menghitung barang.

Setelah memastikan jumlah barang berisi 10, ibunya berpesan pada Chandra untuk memastikan Om Yunus menerima barang. Bila Om Yunus tidak di tempat, barang bisa diberikan pada keluarganya di rumah. Jangan dikasih ke tetangga atau orang lain.

Ibu Chandra lalu menjelaskan alamat rumah Om Yunus. Chandra takut salah alamat. Ibunya berkata, bila bingung, Chandra bisa bertanya ke orang-orang. Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Ibu Chandra juga berpesan, Om Yunus akan membayar Rp 200.000. Jadi Chandra harus hati-hati agar uang tidak hilang.

Martha sudah lebih dulu datang ke rumah Nisa untuk bermain. Tetapi teman-temannya belum datang dan mereka berdua memutuskan menunggu.

Chandra yang bingung mencari alamat Om Yunus memutuskan bertemu teman-temannya lebih dulu di rumah Nisa. Nisa bertanya mengapa Chandra terlihat bingung tetapi Chandra bingung menjawab apa.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X