Kompas.com - 24/01/2020, 06:00 WIB
Tini Kartini Natakusumah (depan)  sedang melakukan Zumba pada peluncuran Goifex 2019, Selasa (19/2/2019) di Jakarta. Bersama tim beranggota enam orang, Tini Kartini Natakusumah atau karib disebut Ibu Hajjah Legimin, menciptakan Senam Kesegaran Jasmani 1988. Tini menyebut nama Arum Dhani dan Berty Tilarso sebagai anggota timnya.
Goifex 2019Tini Kartini Natakusumah (depan) sedang melakukan Zumba pada peluncuran Goifex 2019, Selasa (19/2/2019) di Jakarta. Bersama tim beranggota enam orang, Tini Kartini Natakusumah atau karib disebut Ibu Hajjah Legimin, menciptakan Senam Kesegaran Jasmani 1988. Tini menyebut nama Arum Dhani dan Berty Tilarso sebagai anggota timnya.

KOMPAS.com - Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ini pengertian kebugaran jasmani dan manfaatnya.

Pengertian kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan.

Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan.

Derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari.

Makin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang maka makin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya.

Selain berguna untuk meningkatkan kebugaran jasmani, latihan kondisi fisik merupakan program pokok dalam pembinaan siswa untuk berprestasi dalam suatu cabang olahraga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat latihan kebugaran jasmani

Manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur dan benar dalam jangka waktu yang cukup antara lain:

  • Menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas

Kegemukan dan obesitas bisa terjadi karena penimbunan zat-zat makanan dan energi berlebih yang tertimbun di dalam tubuh. Selain itu, kegemukan dan obesitas juga bisa tejradi karena tubuh kurang beraktivitas.

  • Mencegah penyakit jantung

Ketika tubuh berolahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung menjadi lebih lancar daripada saat tubuh diam. Maka latihan kebugaran jasmani juga untuk mencegah penyakit jantung.

  • Mencegah dan mengatasi penyakit diabetes

Latihan kebugaran jasmani dapat bermanfaat untuk menahan laju penyakit diabetes.

  • Meningkatkan kualitas hormon

Latihan kebugaran jasmani dapat memengaruhi produktivitas hormon.

Baca juga: Legenda Senam Kesegaran Jasmani Ini Masih Setia Menari

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan penyakit seperti jantung koroner, stroke hingga gagal jantung.

  • Menambah kepintaran

Olahraga mampu membuat sirkulasi oksigen ke otak lancar. Juga menghindarkan dari penyakit yang melemahkan otak seperti pikun dan Alzheimer.

  • Memberi banyak energi

Rutin berolahraga membuat tidur nyenyak, berpikir jernih, terhindar dari stres dan berbagai hal lain yang menguras energi.

  • Mengurangi LDL dan menaikkan HDL

Low Density Lipoprotein (LDL) adalah lemak jahat sedangkan High Density Lipoprotein adalah lemak baik. Jalan kaki atu jogging selama 24-32 kilometer per minggu mampu menurunkan LDL dan menaikkan HDL.

  • Menurunkan gejala depresi ringan dan kegelisahan

Salah satu manfaat latihan kebugaran jasmani adalah tubuh menjadi rileks. Kondisi tubuh rileks memengaruhi depresi.

Baca juga: 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani, Menurut Sains

  • Menurunkan risiko kanker tertentu

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga dapat menurunkan risiko kanker. Olahraga dapat menurunkan tingkat risiko kanker tertentu sebesar 30 persen.

  • Melindungi dari osteoporosis

Para ahli berpendapat, anak-anak yang banyak bergerak (aktif) akan memiliki tulang yang kuat.

  • Meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri

Olahraga dapat meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri karena seiring dengan pikiran positif dan pola pikir yang baik.

  • Meningkatkan mood

Olahraga adalah salah satu cara yang bisa menghilangkan rasa jenuh. Studi menyebutkan olahraga aerobik dapat mengurangi ketegangan dan memunculkan semangat.

  • Membuat awet muda

Manfaat latihan kebugaran jasmani membuat orang tampak awet muda karena terhindar dari stres.

  • Membuat anak-anak selalu aktif

Dalam suatu penelitian mengungkapkan, orang tua yang rajin berolahraga akan membuat anak-anaknya selalu aktif dan ceria.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.