Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Jenis Ilmu Ekonomi dan Prinsip-prinsipnya

KOMPAS.com - Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan umat manusia yang tidak terbatas.

Berdasarkan teorinya, ilmu ekonomi diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Berikut penjelasan mengenai ekonomi makro dan ekonomi mikro beserta dengan prinsip-prinsipnya.

Pengertian ekonomi makro

Ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana mekanisme perekonomian secara keseluruhan bekerja.

Secara garis besar, ekonomi makro mempelajari mekanisme suatu ilmu ekonomi secara keseluruhan mencakup struktur, kinerja, perilaku, dan pengambilan keputusan ekonomi.

Maka dengan demikian dapat ditafsirkan bahwa ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perekenomian secara luas.

Adapun yang dikaji dalam ekonomi makro adalah inflasi, pengangguran, perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi.

Pengertian ekonomi mikro

Ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas daktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan.

Sesuai dengan namanya ‘mikro’ yang berarti kecil, maka ekonomi mikro membahas mengenai ekonomi dalam ruang lingkup yang kecil, misalnya perusahaan, rumah tangga, pasar tenaga kerja, dan lain-lain.

Di mana, ekonomi mikro mengkaji tentang bagaimana berbagai keputusan dan perilaku konsumen dalam memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa.

Prinsip-prinsip ilmu ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan suatu garis penuntun atau sebuah acuan yang digunakan oleh pelaku ekonomi dalam melaksanakan tindakan ekonomi.

Berdasarkan cakupannya, ekonomi makro dan ekonomi mikro tentu memiliki prinsip-prinsip yang berbeda. Adapun prinsip-prinsip dari ekonomi makro dan ekonomi mikro antara lain:

Prinsip ekonomi makro

Ekonomi makro berfokus mengkaji ekonomi dalam skala besar dan menyeluruh, adapun prinsip-prinsip ekonomi makro adalah sebagai berikut:

  • Penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara

Hal tersebut ditentukan oleh pengeluaran agregat, yaitu: pengeluaran konsumsi rumah tangga, pemerintah, perusahaan (investasi) serta impor dan ekspor.

Diperhatikan juga perubahan harga-harga dan pengaruh perubahan jumlah uang beredar (JUB) terhadap pengeluaran agregat.

  • Pengeluaran agregat

Pengeluaran agregat idealnya dapat mencapai tingkat yang diperlukan untuk mewujudkan full employment tanpa menimbulkan inflasi.

  • Mengatasi pengangguran dan inflasi

Merumuskan suatu kebijakan, dalam hal ini kebijakan moneter dan kebijakan fiskal untuk mengatasi pengangguran dan inflasi.

Prinsip ekonomi mikro

Ilmu ekonomi mikro berfokus pada penawaran dan permintaan yang dapat menentukan harga dalam perekonomian. Adapun prinsip ekonomi mikro antara lain:

  • Harga pasar

Permintaan, penawaran, serta harga keseimbangan atau harga pasar ditentukan oleh hukum permintaan dan penawaran. 

Dalam pasar persaingan sempurna, pemasok menawarkan harga yang sama seperti yang diminta oleh konsumen, di mana hal ini akan menciptakan keseimbangan ekonomi.

Selain itu, dengan adanya interaksi yang terjalin antara penjual dan pembeli akan menentukan tingkat harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. 

  • Teori produksi

Prinsip ini mengandung aspek mengenai bagaimana suatu barang atau jasa diproduksi, di mana interaksi di pasar faktor produksi mencakup bagaimana faktor produksi akan menentukan harga suatu faktor produksi dan jumlah faktor produksi yang digunakan.

  • Biaya produksi

Berdasarkan prinsip ini, harga suatu barang atau jasa dintentukan oleh biaya sumber daya yang dipergunakan dalam proses produksi barang atau jasa tersebut.

  • Ekonomi tenaga kerja

Pada prinsipnya, dalam hal ini mencoba melihat pekerja dan pengusaha, serta mencoba memahami pekerjaan, pendapatan, serta pola upah.

Referensi:

  • Djohanputro, Bramantyo. 2006. Prinsip-prinsip Ekonomi Makro. Jakarta: PPM.
  • Humaidah Muafiqie, et al. 2023. Pengantar Ilmu Ekonomi: Pendekatan Makro dan Mikro. Yogyakarta: Selat Media Partners.
  • Ida Nuraini. 2016. Pengantar Ekonomi Mikro. Malang: UMM Press.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/20/010000269/2-jenis-ilmu-ekonomi-dan-prinsip-prinsipnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke