Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bentuk-bentuk Latihan Kebugaran Penjaskes Kelas 6 SD

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Setiap orang mendambakan tubuh yang sehat dan kuat. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kebugaran.

Kegiatan olahraga yang dilakukan secara teratur akan membentuk jasmani yang sehat dan jauh dari penyakit. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani, antara lain latihan daya tahan, latihan kekuatan otot, dan melatih kelentukan badan.

Berikut penjelasannya:

Latihan daya tahan

Melatih daya tahan dapat dilakukan dengan gerakan lompat tali dan lari pelan dalam waktu yang lama. Beberapa latihan yang bisa dilakukan, seperti:

  • Gerakan lompat tali

Gerakan lompat tali dapat dilakukan secara perorangan (sendiri) atau beregu:

    1. Lompat tali perorangan dilakukan dengan cara kedua tangan di samping badan memegang kedua ujung tali. Dengan diputar ke depan sehingga tali ikut berputar. Pada saat tali menyentuh lantai kaki meloncat. Lompatan tali dilakukan di tempat dalam waktu beberapa menit.
    2. Lompat tali beregu bisa dilakukan 3 sampai 5 orang, dua orang memegang tali. Pada setiap ujungnya tali diputar dengan mengayunkan lengan. Orang yang lain melakukan loncatan pada saat tali di bawah. Setelah 3 menit dilakukan pergantian antara yang meloncat dan yang memegang tali.
  • Lari pelan dalam waktu yang lama

Lakukan lari pelan mengelilingi halaman atau lapangan dalam waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit. Sebelum waktu habis usahakan tidak mengubah gerakan, misalnya jalan atau berhenti. 

Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan otot dapat dilakukan dengan cara berikut:

Melatih kelentukan

Melatih kelentukan dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Meliukkan badan, gerakan ini diawali dengan berdiri kangkang, kedua lengan lurus ke atas. Liu kan badan dua kali ke kiri dan dua kali ke kanan.
  • Mencium lutut, gerakan ini diawali dengan duduk selonjor, kedua kaki rapat. Kedua tangan di samping badan dengan aba-aba bunyi peluit, tangan memegang ujung kaki. Badan dibungkukkan hingga hidung menempel pada lutut. Tahan gerakan ini dalam hitungan 1 sampai 7. Pada hitungan ke-8 kembali ke sikap awal.

Pada latihan daya tahan, kekuatan, dan kelentukan membutuhkan kerja keras dan disiplin yang tinggi untuk mencapai hasil yang maksimal. Jumlah hitungan pada latihan tersebut tidak bisa dipaksakan, tetapi dilakukan secara bertahap.

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

https://www.kompas.com/skola/read/2023/02/19/080000369/bentuk-bentuk-latihan-kebugaran-penjaskes-kelas-6-sd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke