Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Faktor-faktor Terbentuknya Perbedaan Budaya 

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

KOMPAS.com - Budaya merupakan sesuatu yang terbentuk dari banyak unsur, yaitu agama, adat istiadat, bahasa, karya seni, pakaian, bangunan, dan lain-lain.

Adapun faktor dari terbentuknya perbedaan budaya adalah sebagai berikut:

Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan 

Adapun unsur-unsur utama yang terdapat dalam kebudayaan sebagai berikut:

Teknologi

Teknologi adalah salah satu unsur yang ada dalam kebudayaan. Teknologi itu menyangkut cara atau teknik memproduksi, memelihara peralatan yang telah diproduksi, dan menggunakan peralatan tersebut secara tepat.

Teknologi akan muncul ketika manusia mampu mengekspresikan keindahan dan memproduksi dari kesenian tersebut.

Sistem mata pencarian 

Beberapa sistem mata pencarian yang biasa dilakukan, di antaranya: 

Sistem kekerabatan dan organisasi sosial

Dalam struktur suatu masyarakat sistem kekerabatan adalah bagian yang sangat penting. Sistem kekerabatan merupakan hal yang dapat digunakan untuk menggambarkan struktur sosial dari masyarakat yang bersangkutan. 

Pengertian kekerabatan yakni unit sosial yang terdiri atas beberapa keluarga yang memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan. Manusia sebagai makhluk sosial akan membutuhkan orang lain dalam kehidupan di masyarakat. 

Organisasi sosial merupakan suatu perkumpulan masyarakat yang memiliki tujuan untuk mencapai tujuan tertentu yang tidak bisa dicapai secara individu.

Organisasi tersebut dibentuk masyarakat, ada organisasi yang berbadan hukum atau belum berbadan hukum. Fungsi organisasi sosial adalah sebagai sarana untuk berpartisipasi masyarakat dalam pembangunan negara.

Bahasa

Bahasa merupakan sarana yang dapat digunakan oleh manusia untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Tujuan dari komunikasi adalah untuk menyampaikan keinginan dari seorang kepada lawan bicaranya. 

Fungsi bahasa ada dua macam, yaitu fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah untuk berkomunikasi dan berekspresi.

Adapun fungsi bahasa secara khusus antara lain untuk hubungan pergaulan, mewujudkan seni atau sastra, dan mempelajari naskah-naskah kuno.

Kesenian

Kesenian pada dasarnya merupakan nilai keindahan yang berasal dari ekspresi manusia terhadap keindahan.

Manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan memiliki cita rasa tinggi terhadap seni. Manusia dapat menghasilkan berbagai kesenian. Hasil kesenian tersebut dari yang sederhana sampai hasil kesenian yang kompleks.

Penetrasi budaya

Pengertian penetrasi budaya, yaitu proses masuknya suatu kebudayaan ke dalam kebudayaan lain. Untuk proses masuknya kebudayaan tersebut dapat melalui dua cara, sebagai berikut: 

  • Penetrasi damai 

Penetrasi damai adalah masuknya kebudayaan-kebudayaan lain dengan damai. Jika masuknya kebudayaan tersebut dengan cara damai akan menghasilkan akulturasi, asimilasi, dan sintesis.

Akulturasi yakni adanya dua kebudayaan yang bersatu dan membentuk kebudayaan baru serta tidak menghilangkan kebudayaan asli.

Asimilasi yakni dua kebudayaan yang telah bercampur sehingga membentuk kebudayaan baru.

Sintesis yakni dua kebudayaan yang bercampur dan terbentuk sebuah kebudayaan baru yang berbeda dengan kebudayaan asli.

  • Penetrasi kekerasan 

Penetrasi kekerasan adalah masuknya suatu kebudayaan lain dengan cara memaksa. Adapun contoh penetrasi kekerasan yaitu masuknya kebudayaan barat ke Indonesia ketika penjajahan Belanda. 

Masuknya kebudayaan tersebut disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan kerusakan dalam masyarakat. Budaya Belanda melekat di Indonesia dalam sistem pemerintahan.

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

https://www.kompas.com/skola/read/2022/11/29/200000369/faktor-faktor-terbentuknya-perbedaan-budaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke