Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Energi Panas: Sumber, Macam, Sifat, dan Manfaatnya

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muari Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Energi panas menjadi salah satu energi yang sangat dibutuhkan seluruh makhluk hidup di bumi. Hal tersebut karena energi panas memiliki banyak manfaat.

Namun, apakah yang dimaksud dengan energi panas?  Pengertian energi panas adalah bentuk energi berupa panas atau kalor yang diperoleh dari berbagai sumber.

Secara alami, energi panas yang bisa berpindah dari tempat yang memiliki suhu lebih tinggi ke tempat yang mempunyai suhu lebih rendah.

Macam-macam sumber energi panas

Sumber energi panas adalah hal-hal yang dapat menghasilkan sumber panas. Contohnya adalah matahari, panas bumi, listrik, api, dan gesekan. Berikut uraiannya: 

  • Sumber energi panas Matahari

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas terbesar di sistem tata surya. Bahkan saking panasnya, matahari mampu menyinari bumi dan seisinya dan tentunya memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup yang ada di bumi.

Tak hanya bermanfaat bagi manusia saja, matahari juga mempunyai banyak manfaat bagi hewan dan juga tumbuh-tumbuhan.

  • Sumber energi panas Bumi

Energi panas adalah energi yang berasal dari dalam perut bumi. Salah satu contohnya adalah panas bumi.

Energi panas yang satu ini berasal dari batuan-batuan yang berada di dalam bumi. Energi ini juga dikenal sebagai energi geothermal.

Umumnya, energi panas bumi dimanfaatkan untuk dijadikan sumber energi alternatif pembangkit listrik.

Biasanya, sumber energi panas bumi juga dapat dijadikan sebagai sumber pemanas di gedung-gedung.

  • Sumber energi panas api

Api merupakan sumber panas yang dapat dihasilkan dari batu bara, bahan bakar minyak, gas, dan kayu yang dibakar.

Api merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari manusia, karena panas api sangat bermanfaat untuk memasak dan juga menghangatkan badan.

  • Sumber energi panas listrik

Energi listrik berasal dari energi panas. Energi listrik dapat diubah lagi menjadi energi panas. Banyak alat dan benda di sekitar kita yang dijalankan menggunakan energi listrik.

Bahkan, ada banyak sekali energi panas yang berasal dari sumber energi panas listrik. Mulai dari oven, rice cooker, kompor listrik, setrika, dan lainnya.

  • Sumber energi panas dari gesekan

Dua benda yang digesekkan dapat menghasilkan energi panas. Contohnya ketika kita berada di tempat yang memiliki suhu dingin, maka kita akan otomatis menggosokkan kedua telapak tangan dengan cepat.

Hasilnya, telapak tangan akan terasa lebih hangat. Hal tersebut juga akan terjadi pada benda-benda lain yang digesekkan secara cepat.

Sifat-sifat energi panas

Sifat-sifat energi panas adalah:

  • Sifat energi panas dapat berpindah 

Energi panas dapat berpindah berdasarkan hantarannya.Energi panas berpindah dari benda yang suhunya tinggi menuju benda bersuhu rendah. Contohnya pada peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi.

  • Energi panas dapat mengubah suhu

Semua benda yang dipanaskan akan mengalami perubahan suhu. Misalnya, air yang dimasak menggunakan kompor.

Pasti air tersebut nantinya akan mendidih. Hal ini berarti air yang kita panaskan tadi sudah mengalami perubahan suhu. Dari air yang dingin menjadi air panas.

  • Energi panas dapat mengubah bentuk dan volume benda

Selain dapat mengubah suhu, energi panas juga bisa Anda gunakan untuk mengubah suatu bentuk benda dan volumenya. Sebagai contoh ketika Anda sedang melelehkan coklat di atas api.

Maka, coklat tersebut nantinya akan mencair atau meleleh. Proses tersebut coklat akan mengalami perubahan bentuk dan juga volume.

  • Energi panas dapat membuat benda memuai

Beberapa benda yang terkena panas dapat memuai. Benda yang mengalami pemuaian biasanya berubah menjadi lebih besar dan mengembang.

Contohnya, Sebuah kaca jendela yang akan memuai jika terkena panas. Oleh sebab itu, kaca jendela biasanya dipasang lebih longgar. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar kaca tidak pecah saat mengalami pemuaian.

Manfaat sumber energi panas

Berikut manfaat sumber energi panas, yaitu: 

  • Untuk mengeringkan benda

Salah satu sumber energi panas yang sangat bermanfaat bagi manusia adalah matahari.

Di mana panas yang dihasilkan matahari bisa kita gunakan untuk mengeringkan pakaian yang basah, untuk mengeringkan berbagai bahan makanan hingga pembuatan garam.

  • Pembangkit listrik

Dengan kemajuan teknologi, energi matahari sudah digunakan untuk membangkitkan listrik. Manusia telah menciptakan alat yaitu panel surya yang bisa digunakan untuk menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Energi matahari ini sudah menjadi energi terbarukan yang dimanfaatkan untuk kepentingan pasokan listrik di seluruh pelosok negeri.

  • Sebagai energi gheothermal

Manfaat yang satu ini umumnya diperoleh dari sumber energi panas yang berasal dari panas bumi. Sumber energi panas yang berasal dari inti bumi ini menyimpan energi panas dengan cara menyerapnya dari energi panas matahari.

Energi Geothermal ini dapat dimanfaatkan untuk pengganti bahan bakar fosil. Sehingga, panas bumi dapat menjadi energi alternatif yang bisa digunakan untuk pembangkit tenaga.

  • Matahari sebagai sumber vitamin D dan bahan fotosintesis

Energi panas matahari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh makhluk hidup di bumi loh. Salah satunya yaitu sebagai sumber vitamin D alami. I

tulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk sering berjemur di pagi hari. Sebab, kandungan vitamin D pada matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Selain itu, energi panas matahari juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Karena tumbuhan dapat berkembang dan subur ketika mereka dapat berfotosintesis.

Fotosintesis adalah proses tumbuhan dalam mencari makanan. Salah satu hal terpenting untuk tumbuhan saat sedang fotosintesis adalah cahaya matahari.

  • Dimanfaatkan untuk memasak dan menghangatkan diri

Sumber energi panas yang berasal dari api sangatlah bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Sebab, kita biasanya akan membuat makanan yang layak dengan menggunakan api. Api tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyalakan kompor di mana nantinya akan kita gunakan untuk memasak.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/29/113000669/energi-panas--sumber-macam-sifat-dan-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke