Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Alat-Alat Optik Alamiah dan Buatan

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

KOMPAS.com - Alat optik adalah alat-alat penglihatan manusia, baik alamiah maupun buatan.

Alat optik alamiah adalah mata, sementara alat optik buatan yaitu alat bantu penglihatan manusia untuk mengamati benda-benda yang tidak dapat terlihat dengan jelas oleh mata.

Alat optik buatan dibuat berdasarkan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya. Berikut jenis-jenis alat optik alamiah dan buatan: 

Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting. Kita dapat melihat dunia yang indah dengan mata.

Mata termasuk alat optik alamiah karena di dalamnya terdapat lensa mata yang digunakan untuk menerima cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang kita lihat.

Dalam hal ini mata dapat melihat suatu benda jika ada cahaya dan benda tersebut dapat memantulkan cahaya.

Kamera adalah alat optik yang dapat merekam kejadian atau benda dalam bentuk gambar. Cara kerja kamera mirip dengan cara mata bekerja.

Pada kamera analog, bayangan dibentuk oleh lensa kamera ditangkap oleh film kamera. Di dalam bagian film kamera terdapat zat kimia tertentu yang peka terhadap.

Cahaya yang sampai pada film kamera akan membentuk bayangan sesuai dengan obyek yang diamati. Hal ini kemudian menyebabkan zat kimia pada film membentuk bayangan yang sama.

Prinsip kerja pada kamera digital juga hampir sama. Cahaya yang masuk melalui lensa kamera difokuskan supaya dapat ditangkap oleh sensor cahaya.

Kemudian, sensor cahaya ini memilah cahaya berdasarkan komponennya dan mengubahnya menjadi informasi digital.

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat obyek yang ukurannya terlalu kecil untuk bisa dilihat dengan mata telanjang. Misalnya jamur patogen, jaringan daun, koloni bakteri, dan lain-lain. 

Mikroskop terdiri dari dua lensa cembung yang disebut lensa okuler dan lensa obyektif. Biasanya, lensa okuler yang dipakai mikroskop sudah memiliki perbesaran 10 kali. Sehingga, ketika Anda memilih lensa obyektif dengan perbesaran 100 kali, berarti total perbesaran yang anda lihat adalah 1000 kali.

Teleskop atau teropong merupakan salah satu jenis alat optik, yang terdiri atas lensa atau cermin yang disusun sedemikian rupa sehingga pengamat bisa melihat benda-benda jauh menjadi lebih dekat dan nampak besar.

Secara sederhana prinsip kerja teleskop yaitu mengumpulkan cahaya. Pada teleskop refraktor pengumpulan cahaya menggunakan lensa. Sedangkan pada teleskop reflektor pengumpulan cahaya melalui cermin. 

Teleskop reflektor menggunakan cermin cekung yang nantinya merefleksi cahaya dan bayangan gambar yang diarahkan oleh teropong. Cermin cekung tersebut akan menambah jangkauan, sehingga bisa melihat benda yang jaraknya jauh.

Lensa utama akan mengumpulkan bayangan dan cahaya, kemudian mengirim ke retina mata lewat media refraksi. Setelah itu, organ mata pengamat akan menerima gambar atau bayangan dari teleskop tersebut.

Periskop adalah sejenis teropong yang digunakan pada kapal selam untuk mengamati benda-benda yang jauh di atas permukaan air laut agar tampak lebih dekat dan jelas.

Periskop bekerja berdasarkan prinsip refleksi cahaya, dengan menggunakan dua cermin datar untuk memantulkan cahaya dari satu tempat ke tempat lain.

Periskop menggunakan dua cermin datar pada sudut 45 derajat untuk mengarahkan cahaya ke arah yang diinginkan pengamat. Cahaya diterima cermin pertama, kemudian memantul dari cermin pertama ke cermin kedua.

Dengan menggunakan dua cermin tersebut akan menghasilkan bayangan yang bersifat maya, sama besar dan tegak lurus. Selain cermin datar, periskop juga menggunakan lensa (lensa obyektif dan lensa okuler).

Lensa obyektif terletak di bagian atas periskop. Lensa obyektif adalah lensa yang letaknya paling dekat dengan benda yang diamati, sedangkan lensa okuler adalah lensa yang letaknya paling dekat dengan mata pengamat dan digunakan untuk mengintip.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/21/163000069/mengenal-alat-alat-optik-alamiah-dan-buatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke