Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instansi Pemerintah yang Berada di Tingkat Kecamatan

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Kecamatan merupakan suatu daerah yang menjadi bagian dari suatu kabupaten atau kota. Di wilayah kecamatan terdapat pemerintahan kecamatan yang dipimpin oleh seorang camat dan dibantu oleh perangkat pemerintahan kecamatan lainya.

Selain itu, di wilayah kecamatan juga terdapat instansi-instansi pemerintah yang melakukan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mereka menyelenggarakan tugas dengan melakukan koordinasi bersama pihak kecamatan. Instansi-instansi tersebut tidak bertanggung jawab kepada kecamatan.

Beberapa instansi yang berada di wilayah kecamatan tersebut adalah Polsek, Koramil, KUA, kantor cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga Puskesmas. Berikut penjelasannya: 

Kepolisian Sektor (Polsek)

Kantor kepolisian sektor (polsek) dipimpin oleh kepolisian sektor (kapolsek). Tugas polsek memelihara keamanan di seluruh wilayah kecamatan. Misalnya, menangkap pencuri atau tindakan-tindakan kejahatan lainnya.

Komando Rayon Militer (Koramil)

Koramil dipimpin oleh komandan rayon militer (danramil). Tugas koramil adalah menyelenggarakan pembinaan teritorial yang meliputi pembinaan geografis, demografis, dan kondisi sosial. Contoh tugas koramil yaitu melatih dan membina hansip.

Kantor Urusan Agama (KUA)

Kantor urusan agama (KUA) dipimpin oleh kepala kantor urusan agama. Tugas KUA mengurus masalah keagamaan penduduk di wilayah kecamatan.

Contoh tugas KUA yaitu mencatat jumlah penduduk yang menikah dan melakukan penyuluhan bagi pasangan yang ingin menikah.

Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kantor cabang dinas pendidikan dan kebudayaan dipimpin oleh kepala cabang dinas pendidikan dan kebudayaan, tugasnya mengurus penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Selain itu, juga mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan kebudayaan di wilayah kecamatan.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Puskesmas dipimpin oleh kepala puskesmas. DI puskesmas terdapat beberapa orang dokter dan tenaga medis lainya. Mereka bertugas memberikan pelayanan kesehatan penduduk kecamatan.

Kantor Pos Pembantu

Kantor pos pembantu bertugas melayani pengiriman surat-surat dan uang. Kantor pos pembantu juga bertanggung jawab untuk melaksanakan pembayaran uang pensiun di wilayah kecamatan.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/06/160000969/instansi-pemerintah-yang-berada-di-tingkat-kecamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke