Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Vitamin yang Diperlukan Tubuh 

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Salah satu asupan penting bagi tubuh kita adalah vitamin. Vitamin merupakan zat yang dibutuhkan dalam tubuh. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, vitamin dapat meningkatkan performa tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Ada banyak jenis vitamin yang diperlukan tubuh, yaitu vitamin A, D, E, K, B, dan C. Berikut penjelasan vitamin yang diperlukan tubuh, yaitu: 

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda.

Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi.

Sumber vitamin A seperti Ikan, keju, telur rebus, mentega, wortel, daun selada, bayam dan paprika.

Vitamin B1

Vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B1 secara alami terdapat di dalam gandum utuh, daging sapi, tuna, salmon, dan kacang-kacangan. 

Vitamin B2

Vitamin B2 yang berfungsi untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, serta membantu sel tubuh membakar lemak dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B2 dapat ditemukan di dalam susu, roti, daging,telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Vitamin B3

Vitamin B3 (niacin) yang berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit.

Makanan yang mengandung vitamin D3 adalah jeroan sapi, ikan laut, kacang hijau dan buah alpukat.

Vitamin B5

Vitamin B5 (pantothenic acid) yang berfungsi untuk membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon.

Sumber makanannya seperti  brokoli, kubis, ubi, kentang, jamur, telur, produk susu, gandum utuh, jeroan, dan daging.

Vitamin B6

Vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi energi, serta membantu produksi sel darah merah. Ubi jalar, tahu, buah alpukat.

Vitamin B7

Vitamin B7 (biotin) yang berfungsi untuk membantu produksi asam lemak dan asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber makanan yang mengandung tinggi vitamin B7 seperti ikan salmon, daging merah seperti daging sapi dan juga daging kambing, hingga kuning telur.

Vitamin B9

Vitamin B9 (asam folat) yang berperan penting dalam proses pembelahan sel, terutama pada ibu hamil, sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya kelainan bawaan pada janin.

Vitamin B9 dapat dicukupi dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti hati sapi, bayam, sereal, brokoli, kubis, lobak, selada, pepaya, pisang, alpukat, jeruk, lemon, kacang tanah, telur, atau ikan.

Vitamin B12

Vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memelihara fungsi saraf. Makanan yang mengandung vitamin b12 adalah kerang, kepiting, ikan tuna, salmon, joghurt dan susu.

Vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu serat protein yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka, serta memperkuat pembuluh darah.

Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam produksi norepinefrin dan serotonin, yaitu zat kimia otak (neurotransmitter) yang berfungsi untuk mengirim sinyal antar saraf.

Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga, brokoli, kol, serta selada.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Selain itu, vitamin ini juga membantu sistem imun dalam melawan infeksi.

Vitamin D dapat diperoleh dengan terpapar kulit dengan cahaya matahari. Selain itu, makanannya antara lain ikan salmon, kuning telur, dan keju.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan.

Selain itu, vitamin E juga memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, memperlambat penuaan, serta mengurangi risiko penyakit katarak dan radang sendi. Vitamin E terdapat pada biji bunga matahari, dan biji bijian lainnya.

Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang berperan penting dalam proses pembekuan darah, dan menjaga kekuatan tulang. Diperlukan makanan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/30/163000369/13-vitamin-yang-diperlukan-tubuh-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke