Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dimaksud dengan Sumber Bunyi?

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar bunyi yang dihasilkan suatu benda? Atau mendengar suara orang lain ketika berbicara?

Semua bunyi yang kamu dengar tersebut berasal dari sumber bunyi. Benda dan manusia merupakan contoh sumber bunyi yang biasa kita jumpai.

Kita dapat mendengar bunyi dengan jelas jika berada dekat dengan sumbernya. Namun, bunyi akan terdengar lemah saat kita berada jauh darinya.

Apa yang dimaksud dengan sumber bunyi?

Pengertian sumber bunyi

Menurut Darmawan dalam buku Struktur dan Sistem Bangunan Bentang Lebar (2021), yang dimaksud dengan sumber bunyi adalah semua benda yang dapat menghasilkan bunyi.

Benda tersebut dapat menghasilkan bunyi karena bergetar pada frekuensi tertentu yang mampu didengar manusia.

Getaran benda itu kemudian merambat sebagai gelombang bunyi melalui beberapa media, hingga akhirnya sampai di telinga manusia dengan tingkatan tertentu.

Contoh sumber bunyi

Dikutip dari buku Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya (2014) karya Atep Sujana, hampir semua benda bisa disebut sebagai sumber bunyi karena mampu bergetar.

Contoh sumber bunyi adalah alat musik yang bisa mengeluarkan suara ketika dipukul, dipetik, digesek, atau ditiup.

Manusia juga merupakan sumber bunyi. Misalnya ketika berbicara atau bernyanyi, kita akan menghasilkan suara yang bisa didengar orang lain.

Beberapa hewan juga merupakan sumber bunyi. Contohnya anjing menggonggong, harimau mengaum, dan ayam berkokok.

Sumber bunyi juga bisa muncul dari alam. Artinya bunyi ini dihasilkan tanpa campur tangan manusia dan bersifat tidak sengaja.

Misalnya bunyi petir, bunyi hujan, bungi angin, suara ombak laut, suara pasir yang digerakkan oleh angin, suara air terjun, dan masih banyak lagi.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/08/090000169/apa-yang-dimaksud-dengan-sumber-bunyi-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke