Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prototype: Pengertian dan Tujuannya

KOMPAS.com - Prototype atau prototipe digunakan sebagai alat uji suatu konsep atau produk, sebelum dibuat dan diproduksi lebih banyak.

Biasanya prototipe juga digunakan sebagai alat evaluasi atas desain produk yang baru saja dibuat oleh perusahaan atau industri kreatif.

Lantas, apa itu prototipe?

Pengertian prototype 

Dikutip dari buku Interaksi Manusia dan Komputer (2022) karangan Hani Subakti dkk, yang dimaksud dengan prototype, yaitu versi desain dari suatu produk yang memungkinkan eksplorasi ide lebih mendalam.

Versi desain itu akan diperlihatkan kepada pengguna, berikut dengan fitur atau konsep desain secara keseluruhannya, sebelum diproduksi.

Prototype juga bisa diartikan sebagai tahapan untuk mentransformasi sifat abstrak dari suatu ide menjadi bentuk yang lebih berwujud.

Jadi, prototipe bukanlah produk final yang akan disebarkan kepada konsumen, melainkan hanya contoh atau versi desain yang akan diperlihatkan kepada pengguna (user).

Ketika membuat prototype, ukurannya tak harus sama dengan produk yang akan dibuat nantinya. Bisa jadi lebih kecil atau besar dibanding produk aslinya nanti.

Tujuan prototype

Tujuan dibuatnya prototype adalah memberi contoh atau model awal yang akan dibentuk, guna menguji sebuah konsep atau proses.

Menurut Mohammad Nurkamal Fauzan dan Lalita Chandiany Adiputri dalam buku Tutorial Membuat Prototipe Prediksi Ketinggian Air (PKA) untuk Pendeteksi Banjir Peringatan Dini Berbasis IOT (2019), prototipe bertujuan memberi ide bagi pembuat serta user tentang produk.

Harapannya, ketika melihat prototipe, akan muncul ide baru untuk mengembangkan produk.

Selain itu, tujuan pembuatan prototype adalah menguji serta mengomunikasikan desain yang telah dibuat, kepada pengguna.

Dibanding sketsa, gambar rangka, atau desain latar, prototipe jauh lebih baik dalam mengomunikasikan desain yang diinginkan.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/08/083000569/prototype--pengertian-dan-tujuannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke