Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Generator Listrik: Penemuan Michael Faraday yang Mengubah Dunia

KOMPAS.com – Michael Faraday dari Inggris telah mengubah dunia dengan menemukan alat yang sangat canggih, bernama generator listrik. Mengapa penemuan Faraday disebut mengubah dunia? Berikut adalah manfaat alat tersebut!

Sejarah penemuan generator listrik

Michael Faraday dikenal sebagai bapak listrik oleh dunia. Bukan tanpa alasan, julukan tersebut diberikan karena Faraday menemukan arus listrik juga motor listrik pertama.

Tidak berhenti sampai disitu, Faraday terus mempelajari tentang kelistrikan.

Dilansir Encyclopedia Britannica, pada musim gugur tahun 1831 Faraday mencoba menentukan bagaimana arus induksi dihasilkan.

Faraday meneliti apakah arus listrik dapat dihasilkan menggunakan medan magnet yang berubah. Jika suatu magnet digerakkan, maka medan magnetnya akan berubah.

Faraday menggunakan kawat sebagai perantara arus listrik yang akan timbul.

Dilansir dari Thought Co, Faraday memutar kutub magnet tapal kuda dan menemukan bahwa pada kawat mengalir arus listrik searah yang kontinu dan stabil.

Artinya, arus listrik dapat dibuat (diinduksi) menggunakan perubahan medan magnet.

Hasil percobaan tersebut menjadikan langkah awal dari penelitian induksi elektrogamnetik, sekaligus penemuan generator listrik pertama.

Manfaat generator listrik

Penemuan generator listrik oleh Michael Faraday telah mengubah dunia. Generator listrik memudahkan pekerjaan manusia dan menjadi salah satu alat untuk membangun peradaban modern.

Berikut adalah contoh manfaat generator listrik bagi manusia!

Alat pembangkit listrik

Bumi memiliki berbagai sumber energi listrik, generator merupakan alat yang bisa mengkonversi sumber energi alam menjadi energi listrik.

Generator listrik adalah alat pembangkit listrik yang digunakan untuk banyak sumber energi seperti batu bara, gas alam, gelombang laut, ombak, aliran sungai, angin, dan juga nuklir. Tanpa adanya generator listrik, manusia tidak bisa memperoduksi dan menggunakan listrik.

Sumber listrik darurat

Generator listrik juga dimanfaatkan sebagai penghasil listrik darurat. Generator listrik jenis ini biasanya bertenagakan minyak bumi dan digunakan saat listri mati, ataupun saat berada di tempat yang tidak terjangkau kabel listrik.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/13/140400069/generator-listrik-penemuan-michael-faraday-yang-mengubah-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke