Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Toleransi beserta Contohnya

KOMPAS.com - Perilaku terbuka dan menghargai segala perbedaan yang dimiliki orang lain disebut toleransi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu menerapkan sikap toleransi. Supaya kondisi masyarakat tetap rukun, aman, dan tenteram.

Apa itu toleransi dan bagaimana contohnya?

Pengertian toleransi

Dikutip dari buku Pendidikan Toleransi Berbasis Kearifan Lokal (2020) oleh Muhammad Japar dkk, toleransi adalah kemampuan seseorang untuk memperlakukan orang lain dengan kesenangan atau rasa sabar.

Toleransi berarti membiarkan keberadaan seseorang atau suatu hal yang berbeda bahkan tidak disukai, dengan penuh kesabaran.

Menurut Idrus Ruslan dalam buku Kontribusi Lembaga-lembaga Keagamaan dalam Pengembangan Toleransi Antarumat Beragama di Indonesia (2020), toleransi adalah sikap seseorang untuk bersedia menerima perasaan, kebiasaan, pendapat, atau kepercayaan yang berbeda dari dirinya.

Toleransi tidak bisa selalu berkaitan dengan sikap. Sebab toleransi membutuhkan kesadaran dari tiap manusia untuk mau melakukannya.

Kesadaran dan sikap toleransi tumbuh karena lingkungan masyarakat yang berbeda. Namun, perbedaan ini tidak seharusnya membuat konflik, melainkan mempersatukan antarmasyarakat dengan menjunjung tinggi rasa toleransi.

Contoh toleransi

Berikut beberapa contoh toleransi dalam kehidupan sehari-hari:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/12/090000369/pengertian-toleransi-beserta-contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke