Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nautilus: Hewan Cephalopoda Bercangkang

KOMPAS.com – Nautilus adalah hewan purba yang hidup di laut dalam. Apa yang kamu ketahui tentang nautilus? Nautilus merupakan cephalopoda yang unik karena satu-satunya dalam kelasnya yang memiliki cangkang.

Untuk memahami tentang nautilus. Berikut adalah ciri-ciri nautilus!

Termasuk cephalopoda

Nautilus termasuk ke dalam hewan moluska kelas cephalopoda. Mengapa nautilus termasuk kelas cephalopoda?

Karena, nautilus memiliki tubuh yang lunak, kepala dan mata yang besar, serta tentakel dan mulut yang memiliki saluran seperti corong.

Nautilus memiliki sekitar sembilan puluh tentakel yang siap membawa mangsa masuk ke dalam mulutnya.

Memiliki cangkang

Seperti yang dikatakan sebelumnya, nautilus adalah cephalopoda yang unik karena memiliki cangkang. Tidak seperti anggota cephalopoda lainnya (cumi-cumi dan gurita), nautilus memiliki cangkang keras berbentuk melingkar yang terbuat dari kalsium karbonat.

Cangkang nautilus memiliki diameter sekitar 25 hingga 40 sentimeter. Cangkang melingkar tersebut memiliki corak garis-garis berwarna coklat yang khas.

Cangkang nautilis memiliki bilik, membuat di dalamnya terdapat ruang-ruang (sekitar 36 ruang).

Dilansir dari The Living World of Molluscs, tubuh nautilus menghuni ruang terluar dan hanya siphuncle (struktur tubuh nautilus berupa tali tipis) yang menghuni ruang bagian dalam.

Bilik memungkinkan nautilus menyimpan udara dalam ruang cangkang bagian dalam. Nautilus kemudian akan mengatur banyaknya gas agar dapat bergerak secara vertikal dalam kolom air. Prinsip pergerakan nautilus ini sama dengan prinsip kerja kapal selam.

Bergerak dengan propulsi jet

Ciri-ciri nautilus selanjutnya adalah bergerak dengan propulsi jet. Dilansir dari NOAA's National Ocean Service, nautilus dapat memompa masuk dan mengeluarkan air dengan menarik tubuhnya ke dalam ruang.

Hal tersebut menciptakan propulsi jet yang mendorong gerakkan secara horizontal. Sehingga, nautilus dapat bergerak ke depan, ke belakang, dan juga berbelok.

Disebut dengan fosil hidup

Nautilus memiliki penampilan yang terkesan purba. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, nautilus adalah genus terakhir yang masih hidup dari ordo kuno Nautiloidea (penting dalam paleontologi untuk menentukan penanggalan strata di mana dia muncul).

Diperkirakan, nautilus muncul di bumi sekitar 500 juta tahun yang lalu dan keberadaannya masih bertahan hingga sekarang. Hal tersebut membuat nautilus kerap dijuluki sebagai fosil hidup.

Dapat menyemprotkan tinta

Apakah nautilus memiliki tinta? Seperti moluska pada umumnya, nautilus memproduksi tinta dalam tubuhnya.

Anutilus akan menyemprotkan tinta tersebut untuk mengelabui musuhnya ketika merasa terancam. Nautilus juga menggunakan tintanya untuk memudahkannya menangkap mangsa.

Hidup di laut dalam

Nautilus jarang dijumpai manusia karena hidup di laut dalam. Kemampuannya mengontrol daya apung seperti kapal selam, membuat nautilus dapat hidup jauh di dalam laut. Diperkirakan, nautilus hidup pada kedalaman sekitar 50 hingga 600 meter.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/11/100000369/nautilus--hewan-cephalopoda-bercangkang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke