Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaringan Parenkim Tumbuhan: Struktur dan Fungsinya

Jaringan parenkim disebut jaringan dasar karena merupakan salah satu jaringan utama yang menyusun tubuh tumbuhan. Jaringan dasar atau jaringan parenkim pada tumbuhan terdapat pada hampir semua bagian tumbuhan seperti:

Struktur jaringan parenkim

Jaringan parenkim memiliki struktur dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Terdiri dari sel-sel yang masih hidup
  • Sel-sel tetap hidup ketika matang atau dewasa
  • Memiliki dinding sel tipis dan mengandung lignin
  • Memiliki ruang antar sel
  • Dinding sel bersifat permeabel
  • Bersifat meristematik
  • Memiliki banyak vakuola
  • Tidak terdiferensiasi

Fungsi Jaringan Parenkim

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sel-sel yang tidak terdiferensiasi pada jaringan parenkim, memungkannya untuk melakukan adaptasi.

Sel-sel tersebut kemudian berdiferensiasi untuk melakukan berbagai fungsi penting pada tumbuhan. Berikut adalah fungsi-fungsi jaringan parenkim!

Fotosintesis

Jaringan parenkim berkaitan erat dengan jaringan epidermis pada tanaman. Dilansir dari Biology Online, sel mesofil parenkim berada di bawah epidermis daun dan berfungsi menyerap sinar matahari secara maksimal. Hal tersebut membuat jaringan parenkim sangat diperlukan untuk fotosintesis.

Penyimpanan

Jaringan parenkim mempunyai banyak vakuola yang digunakan untuk tempat penyimpanan. Vakuola yang banyak dan besar memungkinkan parenkim menyimpan cadangan makanan, air, nutrisi, ion, hormon, zat ergastik, dan sisa matebolisme tumbuhan.

Pengangkutan zat

Dilansir dari Microbe Notes, memiliki dinding permeabel yang memungkinkan pengangkutan molekul kecil antara sel dan sitoplasma sel.

Sel-sel parenkim juga ditemukan dalam jaringan pengangkut xilem dan floem. Sehingga, jaringan parenkim juga membantu pengangkutan air dan bahan makanan pada tumbuhan.

Pertukaran gas

Jaringan parenkim mesofil bunga karang yang berada di bagian bawah daun memiliki ruang antar sel. Ruang tersebut cukup besar dan menjadi tempat pertukaran gas juga air yang sangat dibutuhkan dalam fotosintesis.

Penyembuhan dan perbaikan

Dilansir dari Biology Dictionary, sel parenkim memiliki sifat meristematik unik karena dapat membelah menjadi beberapa sel yang berbeda.

Kemampuan tersebut, membuat jaringan parenkim berfungsi menyembuhkan dan memperbaiki jaringan tumbuhan yang rusak atau cedera. Pada dasarnya, semua sel meristematik pada tumbuhan merupakan jaringan parenkim.

Perlindungan

Jaringan parenkim juga berfungsi sebagai perlindungan bagi tumbuhan dari hewan herbivora. Misalnya, dengan membentuk daun yang kasar, sehingga tanaman tidak dimakan oleh hewan.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/10/140511169/jaringan-parenkim-tumbuhan-struktur-dan-fungsinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke