Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

KOMPAS.com - Bygrave menjelaskan bahwa ada 10 karakteristik wirausaha. Kesepuluh karakteristik ini dikenal dengan istilah 10 D.

Sebagaimana dikutip dari jurnal Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Motivasi, Pengalaman, dan Kemampuan Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada UKM Penghasil Mete di Kabupaten Wonogiri (2019) karya Siti Almaidah dan Tutik Endarwati, Bygrave mendefinisikan wirausaha sebagai seseorang yang melihat adanya peluang, kemudian menciptakan organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

10 karakteristik wirausaha menurut Bygrave

Melansir dari buku Kewirausahaan dan UMKM (2020) karya Puji Hastuti dan kawan-kawan, berikut 10 D atau 10 karakteristik wirausaha menurut Bygrave:

  • Dream (mimpi)

Seorang wirausaha hendaknya memiliki keinginan di masa depan, baik untuk diri sendiri maupun bisnisnya. Tidak hanya berkeinginan, wirausaha juga harus mampu mewujudkan keinginannya tersebut.

  • Decisiveness (ketegasan)

Seorang wirausaha harus cepat dalam membuat keputusan, namun tetap memperhitungkan berbagai kemungkinan yang ada. Cepat dan tepat saat mengambil keputusan menjadi kunci kesuksesan wirausaha.

  • Doing (bertindak)

Menurut Muhammad Dinar, dkk dalam buku Kewirausahaan (2020), Bygrave menjelaskan bahwa seorang wirausaha harus melaksanakan atau merealisasikan keputusan yang telah dibuat sebelumnya, tanpa menunda pekerjaan.

  • Determination (ketetapan hati atau kebulatan tekad)

Keteguhan hati dan rasa tanggung jawab harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan kedua hal tersebut, wirausaha akan memiliki sikap tidak pernah menyerah saat mengalami masalah.

  • Dedication (pengabdian)

Agar sukses, seorang wirausaha harus memiliki pengabdian atau dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan yang dilakukannya.

  • Devotion (kecintaan atau kesetiaan)

Menurut Bygrave bahwa karakteristik seorang wirausaha harus fokus dan tak kenal lelah yang disebut devotion. Bisnis yang dilakukan akan menyita banyak waktu, sehingga wirausaha harus fokus, semangat, mencintai pekerjaannya, dan pandai membagi waktu.

  • Details (terperinci)

Seorang wirausaha harus mampu berpikir cermat atau terperinci, terutama ketika menyangkut masalah keuangan serta perencanaan stategi.

  • Destiny (nasib)

Seorang wirausaha harus bertanggung jawab terhadap nasib serta tujuan yang akan dicapai. Artinya wirausaha merupakan orang yang bebas dan tidak mau selalu bergantung kepada orang lain.

  • Dollars (uang atau materi)

Kekayaan bukanlah target utama yang harus dicapai seorang wirausaha. Karena saat menjalankan bisnis, ada banyak hal yang harus diperhitungkan, seperti waktu, tenaga, pikiran, strategi, serta usaha.

  • Distribute (menyalurkan atau mendistribusikan)

Kesediaan untuk mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang yang dipercaya, merupakan karakteristik wirausaha distribute. Tentunya kepemilikan bisnis harus diserahkan kepada orang yang dapat dipercaya, kritis, dan mau diajak meraih kesuksesan bersama.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/22/170000869/10-karakteristik-wirausaha-menurut-bygrave

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke