Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Pentingnya Menjaga Keseimbangan Alam

KOMPAS.com - Keseimbangan alam hendaknya dijaga demi kelestarian makhluk hidup. Keseimbangan alam dapat tercapai jika manusia dapat memanfaatkan alam secara tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata keseimbangan berarti keadaan seimbang. Sedangkan alam diartikan sebagai lingkungan kehidupan atau segala sesuatu yang ada di langit dan bumi.

Keseimbangan alam merupakan lingkungan kehidupan atau segala isi bumi dan langit yang berada dalam kondisi atau keadaan seimbang.

Dilansir dari situs Merriam Webster, keseimbangan alam atau balance of nature diartikan sebagai bentuk keseimbangan antara kehidupan biotik dengan lingkungan.

Sering kali keseimbangan alam dirusak oleh manusia. Contohnya dengan mengeksploitasi sumber daya alam, menebang pohon sembarangan, tidak menggunakan bahan ramah lingkungan, dan masih banyak lagi.

Pentingnya menjaga keseimbangan alam

Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting? Keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting dijaga supaya tidak rusak atau punah.

Terlebih lagi, alam merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup, dan sumber daya menjadi kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Nurlidiawati dan Ramadayanti dalam jurnal Peranan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Menjaga Keseimbangan Alam (Cerminan Masyarakat Adat Ammatoa di Kajang) (2021), menjelaskan bahwa sudah menjadi kewajiban manusia untuk selalu menjaga keseimbangan alam dan melestarikan sumber daya alam.

Apabila keseimbangan alam rusak dan sumber daya punah, hal ini akan memengaruhi kehidupan makhluk hidup dan ekosistem tempat tinggal.

Agar rusaknya keseimbangan alam dan punahnya sumber daya alam tidak terjadi, manusia harus mau berperan besar dalam merawat dan melestarikannya.

Sebagai contoh peduli terhadap lingkungan, tidak mengeksploitasi sumber daya alam, merawat kelestarian alam, dan lainnya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/29/173000769/alasan-pentingnya-menjaga-keseimbangan-alam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke