Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses

KOMPAS.com – Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans Christian Anderson, dan Bill Gates adalah nama-nama terkenal yang merupakan wirausaha sukses di bidangnya masing-masing. Namun mereka tidak serta merta menjadi sukses hanya dalam satu malam.

Perjalanan membuka usaha atau bisnis sebagai wirausaha adalah perjalanan yang jauh dan membutuhkan tekad yang kuat. Lalu apa sajakah yang dibutuhkan untuk menjadi wirausaha sukses? Berikut adalah delapan syarat menjadi wirausaha sukses:

  • Rasa ingin tahu

Salah satu syarat untuk menjadi wirausaha yang baik dan sukses adalah rasa ingin tahu. Dilansir dari The Balance Small Business, rasa ingin tahu adalah sifat mendasar dari setiap pengusaha sukses. Sebagai seorang wirausaha, harus memiliki rasa ingin tahu tentang apa yang terjadi disekitarnya.

Rasa ingin tahu dan penasaran melahirkan seorang wirausaha yang terus mendidik dirinya sendiri sehingga menemukan sesuatu yang merupakan peluang usaha.

Dengan rasa ingin tahu, seorang wirausaha bisa menganalisis bisnis yang dilakukan sekarang dan di masa depan, juga bagaimana agar bisnis tersebut bisa berkembang.

  • Tidak gengsi

Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses, tidak gengsi adalah kunci dari membangun jejaring sosial. Jangan merasa gengsi untuk berjualan, menawarkan produk, atau bertanya dan meminta bantuan.

Seorang wirausaha juga harus bisa membangun jejaring sosial yang menguntungkan usahanya.

Jejaring sosial memungkinkan seorang wirausaha untuk mendapatakan produsen yang murah, distributor yang dapat diandalkan, hingga jangkauan pasar yang lebih luas.

  • Visi dan misi yang jelas

Visi dan misi yang jelas merupakan syarat untuk menjadi wirausha sukses. Karena visi misi yang jelas adalah dasar berdirinya suatu bisnis dan dasar pembuatan rencana bisnis.

Disadur dari Forbes, rencana bisnis memberikan gambaran bagaimana bisnis akan dioperasikan sehingga memberi kejelasan tentang bisnis yang dijalankan.

Visi dan misi juga merupakan hal yang penting dalam menarik investor. Investor cenderung menanam modal pada perusahaan dengan inovasi yang mengesankan namun tetap memiliki visi dan misi yang jelas.

  • Mengelola uang dengan baik

Wirausaha yang baik harus bisa mengelola keuangan dengan baik juga. Memisahkan uang pribadi dengan uang usaha adalah hal yang penting. Dalam mengelola uang usaha juga, harus dilakukan secara bijak.

Memikirkan matang-matang sebelum membeli sesuatu, menandatangani kontrak, melakukan investasi, dan mengelola modal harus dilakukan sesuai dengan rencana bisnis. Sehingga tidak ada uang yang dikeluarkan secara sia-sia.

  • Inovatif

Untuk menjadi wirausaha sukses, seseorang harus kreatif dan inovatif. Menemukan iden dan mengembangkannya agar sesuai dengan pasar juga kemajuan jaman sangat dibutuhkan dalam membangun udaha dan mempertahankan eksistensi usaha.

Berdasarkan situs dari Harvard Business School Online, inovasi adalah karakteristik yanh dimiliki beberapa pengusaha dan bisa dipupuk dengan mengembangkan keterampilan berpikir strategis. Pola pikir inovatif diperlukan untuk menarik investor dan juga konsumen.

  • Kegigihan

Kegigihan juga merupakan syarat yang haus dipenuhi untuk menjadi wirausaha sukses. Kegagalan adalah salah satu risiko kegagalan yang paling ditakuti karena dapat menyebabkan banyak kerugian.

Namun, untuk menjadi seorang pengusaha sukses, diperlukan keberanian dalam mengambil risiko tersebut.

Dan jika usaha mengalami kegagalan, kegigihan adalah satu-satunya yang bisa kembali membangun usaha seorang wirausaha. Seorang wirausaha sukses terbentuk dari kegagalan dan bagaimana mereka memperbaiki kegagalan tersebut untuk mencapai tujuan.

Kegagalan memberikan pengalaman, pengajaran, kemampuan berpikir analitik yang bisa digunakan untuk membangun usaha dengan lebih baik. Tokoh-tokoh dunia mengalami banyak kegagalan dalam usahanya, namun mereka memiliki kegigihan untuk terus bangkit dan berkembang.

  • Jiwa kepemimpinan

Seorang wirausaha yang sukses memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga dapat membangun tim yang baik pula.

Dilansir dari The Balance Small Business, setiap manusia tidak peduli seberapa verdas, berpendidikam dan berpengalaman, tidak mungkin memiliki keahlian lengkap yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan yang sukses sendirian.

Seorang wirausaha membutuhkan tim yang baik dan saling melengkapi satu sama lain. disinilah jiwa kepemimpinan seorang wirausaha dibutuhkan untuk dapat mengelola sumber daya manusia dalam timnya dengan baik.

  • Banyak mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu prinsip sebagai pemimpin. Seorang wirausaha harus banyak mendengarkan orang lain untuk mendapatkan informasi dan pembelajaran, juga harus terbuka pada kritik.

Wirausaha yang sukses lebih banyak mendengar daripada berbicara. Artinya mereka tidak merasa puas dengan pengetahuannya sendiri, dan terus belajar dari orang lain.

Mendengarkan memberikan banyak ide dan juga kritik yang bisa diolah untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/15/133000369/8-syarat-menjadi-wirausaha-sukses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke