Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi ROUNDUP pada Microsoft Excel

KOMPAS.com - Microsoft excel merupakan program pengolah angka. Program ini dijalankan dengan memakai sejumlah fungsi seperti yang sudah ditentukan dalam Excel. Fungsi ini dimanfaatkan untuk mengolah dan menganalisis data atau angka yang sudah dimasukkan.

Dalam buku Bekerja Lebih Optimal dengan Fungsi Excel (2014) karya Christopher Lee, fungsi adalah bagian rumus khusus di microsoft excel yang digunakan untuk menghasilkan data atau angka tertentu.

Karena fungsi sebenarnya bagian dari rumus, maka penulisannya didahului dengan tanda sama dengan (=). Untuk nama fungsinya, bisa ditulis dengan huruf besar atau huruf kecil. Saat menulis fungsi, perhatikan tanda baca dan penggunaan spasi.

Fungsi ROUNDUP

Excel mempunyai banyak fungsi di dalamnya. Seperti yang disebutkan di atas, fungsi ini digunakan untuk menghasilkan data atau angka yang telah dimasukkan oleh penggunanya. Salah satu contoh fungsi dalam microsoft excel adalah fungsi ROUNDUP.

Menurut Johar Arifin dalam buku Mengupas Kedahsyatan 340 Fungsi Terapan Microsoft Excel 2016 (2017), fungsi ROUNDUP digunakan untuk membulatkan bilangan atau angka ke atas, yang mana argumennya ditunjukkan oleh jumlah digit yang diinginkan. Dengan kata lain, fungsi ROUNDUP adalah membulatkan bilangan ke digit tertentu. 

Bentuk penulisan fungsinya:

Fungsi di atas ditulis dengan menggunakan tanda baca titik koma.

Misalnya:

  1. =ROUNDUP(A1;2)
  2. =ROUNDUP(B2;3)
  3. =ROUNDUP(C3;1)
  4. =ROUNDUP(D4;4)

Dikutip dari buku Memanfaatkan Formula dan Fungsi Microsoft OfficeExcel 2007 (2007) karya Adi Kusrianto, angka atau number merupakan angka atau pecahan desimal yang ingin dibulatkan ke atas.

Sedangkan jumlah digit atau number digit adalah seberapa banyak digit pembulatan yang ingin diterapkan pada angka pembulatan desimal.

Contohnya:

Sebagai contoh, pada nomor satu, angka desimal 12,789345 akan dibulatkan ke atas sebanyak empat digit pembulatan. Maka hasilnya 12,7894.

Begitu pula dengan nomor dua, angka desimalnya 0,1789, ketika dibulatkan ke atas sebanyak satu digit pembulatan, hasilnya 0,2.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/10/153000169/fungsi-roundup-pada-microsoft-excel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke