Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Jumlah Kolom, Baris, dan Lembar Kerja pada Microsoft Excel?

KOMPAS.com – Kehidupan manusia tidak lepas dari berbagai jenis data, di mulai data pendapatan, penjualan, data eksperimen, data nilai, hingga data kesehatan. Sebelum ditemukannya perangkat komputer, data-data tersebut dibuat secara manual di atas kertas.

Hingga ditemukannya komputer dan berbagai jenis aplikasi yang mempermudah pekerjaan manusia dalam mengolah data. Salah satu aplikasi atau program komputer yang sering digunakan adalah Microsoft Excel.

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan data yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 1985.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang bisa mengatur data dalam kolom dan barus yang dapat dimanipulasi melalui rumus yang memungkinkan perangkat lunak untuk melakukan fungsi matematika pada data.

Disadur dari Techopedia, spreadsheet tau lembar kerja Microsoft Excel menggunakan sekumpulan sel yang disusun menjadi baris dan kolom untuk mengatur dan memanipulasi data. Data yang dimasukkan bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti histogram, grafik, dan juga bagan.

Jumlah kolom dan baris spreadsheet

Berapakah jumlah kolom, baris, dan lembar kerja pada Microsoft Excel? Jumlah lembar kerja dalam buku kerja Microsoft excel terdiri atas 256 kolom dan 65536 baris.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, jumlah lembar kerja Microsoft Excel yang dapat dibuka tergantung pada memori yang tersedia dan sumber daya sistem.

Sehingga Microsoft Excel memungkinkan penggunanya membuka berapapun lembar kerja selama memori dan sumber dayanya mencukupi.

Microsoft Excel memiliki batasan sebanyak 16.384 kolom dengan lebar kolom maksimal terisi oleh 255 karakter. Dan juga memiliki batasan jumlah baris yang bisa dibuat, yaitu sebanyak 1.048.576 baris.

Dengan batasan kolom, baris, dan jumlah lembar kerja atau spreadsheet sebanyak itu, Microsoft Excel dapat menampung sangat banyak data.

Microsoft Excel juga membantu perhitungan data dan penyajian grafik dari banyak data yang akan sangat sulit dan rentan kesalahan jika dilakukan secara manual.

Keunggulan lain dari Microsoft Excel dalam pengolahan data yaitu bisa menaipulasi data dengan mudah dan menghubungkannya dengan aplikasi Microsoft Office lain seperti Microsoft Word.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/06/121501169/berapa-jumlah-kolom-baris-dan-lembar-kerja-pada-microsoft-excel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke