Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Autobiografi: Definisi, Ciri-Ciri, dan Strukturnya

KOMPAS.com - Autobiografi biasanya dituliskan oleh seorang tokoh. Isinya memuat kisah perjalanan hidup atau riwayat hidup tokoh atau penulis itu sendiri. Tujuannya supaya orang lain lebih mengenal kehidupan tokoh tersebut.

Bisa dikatakan jika penulis autobiografi adalah tokoh yang diceritakan dalam tulisan tersebut. Autobiografi bisa memuat berbagai hal, misalnya tentang kesuksesan dalam meraih sesuatu, kejadian yang dianggap membanggakan, dan lain sebagainya.

Definisi autobiografi

Menurut Eriyanto dalam buku Analisis Jaringan Komunikasi (2014), autobiografi adalah catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh itu sendiri. Autobiografi bersifat subyektif, karena berasal dari pandangan hidup tokoh itu sendiri.

Mengutip dari buku Cermat Berbahasa Indonesia (2019) karya Sutarno, tujuan penyusunan autobiografi ialah untuk menunjukkan riwayat hidup penulis kepada orang lain.

Selain itu, terkadang tulisan ini juga diperlukan sebagai syarat penting di bidang pendidikan ataupun pekerjaan.

Ciri-ciri autobiografi

Autobiografi memiliki lima ciri, yakni:

  • Berisikan riwayat hidup atau kisah perjalanan hidup

Ciri khas utama dari autobiografi ialah menceritakan ulang peristiwa atau kejadian tentang seorang tokoh. Biasanya peristiwa yang diceritakan sifatnya positif atau memberi dampak positif kepada pembacanya.

Selain itu, dalam autobiografi, biasanya juga memuat berbagai bukti pendukung, misalnya prestasi, penghargaan, atau lainnya.

  • Dibuat supaya orang lain lebih mengenal tokoh tersebut

Autobiografi memuat riwayat perjalanan hidup seorang tokoh. Sehingga harapannya pembaca lebih bisa mengenal tokoh tersebut lewat autobiografi yang dibuat.

  • Dibuat supaya orang lain bisa termotivasi

Autobiografi memang berisikan riwayat hidup seorang tokoh. Selain untuk mengenalkan diri kepada pembaca, tulisan ini juga biasanya menampilkan informasi atau kejadian yang diharapkan bisa memotivasi serta memberi dampak positif kepada pembaca.

  • Biasanya menggunakan sudut pandang orang pertama

Biasanya autobiografi ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama, misalnya ‘aku’, ‘saya’. Namun, tidak sedikit pula yang menggunakan sudut pandang lainnya yang dianggap lebih sesuai.

  • Dapat ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan orang lain

Autobiografi bisa ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan pihak lainnya sesuai penuturan tokoh itu sendiri.

Struktur autobiografi

Dalam teks autobiografi, ada lima struktur penting yang harus ada ketika membuat tulisan ini. Struktur tersebut adalah:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/26/134836569/autobiografi-definisi-ciri-ciri-dan-strukturnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke