Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mesin Turing: Sejarah, Definisi, dan Contohnya

KOMPAS.com - Perkembangan komputer saat ini tidak terlepas dari jasa Alan Mathison Turing yang menciptakan mesin turing. Penemuannya ini menghasilkan komputer modern yang digunakan manusia hingga saat ini.

Alan Turing menggunakan bidang ilmu matematika dan sains untuk menciptakan temuannya ini. Mesin turing merupakan contoh umum dari CPU yang mana bisa mengatur seluruh manipulasi data yang dikerjakan komputer.

Mesin turing menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan sistem untuk melakukan perhitungan matematis.

Sejarah mesin turing

Mengutip dari buku Sejarah Komputer (2019) karangan MiftaChun Nur, pada 1936, Alan Turing mempublikasikan konsep ‘On Computable Numbers’. Konsep ini berisikan tentang mesin penghitung yang kemudian disebutnya dengan istilah The Turing Machine.

Mesin turing merupakan bentuk model matematis sederhana untuk komputer. Mesin ini bisa digunakan untuk menghitung kelas bilangan bulat. Walau tergolong sederhana, namun penemuan Alan Turing ini dapat menggambarkan komputer general purpose.

Menurut A. W. Aranski dalam buku Teori Bahasa dan Otomata (2018), mesin turing tidak hanya digunakan secara matematis saja, melainkan juga sangat berperan sebagai pengenal bahasa formal. Contohnya non-restricted language atau recursively enumerable set.

Definisi mesin turing

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, mesin turing merupakan perangkat komputasi hipotesis. Mesin ini memanipulasi berbagai simbol yang ada pada garis tape, sesuai dengan tabel aturan yang dimilikinya.

Selain itu, mesin turing juga dapat diartikan sebagai mesin yang memiliki kemampuan perhitungan sejumlah kelompok alfabet. Mesin ini memiliki tape dan tidak terbatas. Hal ini memungkinkan mesin turing untuk melakukan baca tulis.

Contoh mesin turing

Contoh paling mudah dari mesin turing ialah string 0 dan 1. Dalam mesin ini, 0 mewakili simbol kosong. Perannya untuk menggandakan tiap rangkaian 1 yang ada pada tape atau kaset. Ketika menulis 0 di antara angka 1, maka akan menghasilkan output.

Misalnya menulis: 1 1 1 (kemudian diberi ‘0’ setelah ‘1’, dan kemudian tambahkan ‘1 1 1’ di bagian belakang ‘0’. Hasil output-nya akan terlihat seperti ini: ‘ 1 1 1 0 1 1 1’. Penulisan angka '0' dan '1' bertujuan untuk menjalankan proses komputasi di mesin turing.

Agar lebih jelas, mari kita lihat gambar di bawah ini:

Garis panjang dan kotak berwarna hijau merupakan garis tape. Untuk menjalankan program komputasi di mesin turing, pengguna harus memasukkan angka '1' dan '0'.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/05/115632769/mesin-turing-sejarah-definisi-dan-contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke