Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Induk Hewan yang Bersifat Pekerja Keras

KOMPAS.com - Ibu merupakan sosok yang sangat hebat, dia mengandung dan melahirkan anaknya. Ibu bahkan bekerja keras mengurus dan membesarkan anak-anaknya.

Tidak hanya ibu manusia, beberapa induk hewan juga bekerja keras untuk mengurus anaknya. Berikut adalah daftar induk hewan yang paling bekerja keras:

Gurita

Induk gurita adalah ibu hewan yang paling pekerja keras. Induk gurita melahirkan sekitar 155 hingga 165 buah telur yang ditempelkan pada batu yang melengkung. Induk gurita kemudian melindungi telur tersebut dengan menempel pada batu hingga telur tersebut menetas.

Dilansir dari National Geographic, induk gurita melindungi telurnya dari predator dan mengalirkan arus air sehingga telur-telur tersebut mendapatkan pasokan air segar dan oksigen yang konstan. Induk gurita terus melindungi dan mengurus telur-telurnya tanpa henti.

Mereka tidak pernah berpindah tempat atau mencari makan. Induk gurita bekerja keras melindungi telur-telurnya tanpa makan sedikitpun. Seriring berjalannya waktu, kulit mereka menadi kendur dan pucat karena kelaparan.

Setelah melakukannya selama 4,5 tahun, ketika telur-telur tersebut menetas, induk gurita yang kelaparan dan kelelahan kemudian akan mati.

Gajah

Gajah merupakan mamalia dengan kehamilan terlama yaitu sekitar 640 hingga 660 hari. Gajah menjaga kandungannya selama lebih dari dua tahun. Ketika anaknya lahir, induk gajah akan mengurusnya dan memenuhi kebutuhannya.

Anak gajah bergantung sepenuhnya pada induknya. Induk gajah akan menyusui anaknya dan mengatur pola makannya.

Dilansir dari Conservation International, saat anak gajah tumbuh gigi ibu gajah akan mengubah pola makannya dan memberikan tanaman anti inflamasi untuk membantu pertumbuhan gigi anaknya.

Selama dua hingga tiga tahun induk gajah terus menjaga anaknya, mengajari caranya bertahan di alam liar, memberikan asupan nutrisi, dan juga tanaman obat-obatan untuk menjaga kesehatannya. Seluruh betina dalam kawanan gajah akan saling menjaga anak-anak gajah.

Kanguru mengalami kehamilan yang sangat singkat yaitu hanya 36 hari sebelum anaknya lahir. Ketika lahir anak kanguru sangatlah kecil dan belum berkembang secara sempurna sehingga ia masuk ke dalam kantung induknya.

Di dalam kantung tersebut induk kanguru akan menyusu anaknya dalam periode yang panjang. Anak kanguru akan terus berada dalam kantung dan menyusu dari induknya selama 18 bulan.

Penguin Kaisar

Dalam membesarkan anak, baik jantan dan betina penguin kaisar sama-sama berkorban. Setelah bertelur, induk penguin kaisar akan memberikan telur tersebut ke jantannya.

Jantan penguin kaisar kemudian dengan sangat hati-hati akan mengerami telur tersebut selama dua bulan tanpa berpindah tempat.

Dalam periode dua bulan tersebut, induk penguin kaisar akan melaukan perjalanan panjang mencari makanan.

Induk penguin kaisar akan kembali saat telurnya menetas, ia lalu memuntahkan makanan yang selama ini dicarinya untuk anaknya tersebut.

Selama sebulan penuh induk orca tidak akan tidur dan terus menjaga anaknya dari predator juga mengajarinya cara membangun cadangan lemak dan otot sambil berenang terus-menerus.

Beberapa anak paus orca bahkan memutuskan tidak meninggalkan kawanannya, yang berarti induknya akan terus menjaganya hingga kematian.

Buaya

Dibalik penampilannya yang mengerikan dan gigitan rahangnya yang mematikan, buaya adalah ibu hewan yang sangat lembut.

Buaya akan membangun sarang yang hangat dan menjaga sarang tersebut dari serangan predator.

Ketika telur-telurnya menetas, buaya akan membawa anaknya berenang. Anak buaya akan dimasukkan ke dalam mulut induknya, begitulah cara induk buaya menggendong anak-anaknya.

Induk buaya akan terus menjaga dan melindungi anakanya selama dua tahun, hingga anak-anak tersebut dapat bertahan hidup sendiri.

Dilansir dari Polar Bear International, setelah kelahiran anaknya induk beruang kutub akan berdiam di dalam sarang, menjaga dan menyusui anaknya selama delapan bulan tanpa makan dan minum.

Barulah setelah anaknya cukup kuat, mereka akan keluar dari sarang. Ibu beruang akan menjaga anaknya dari predator, mengajarinya berburu, dan juga bertahan di alam liar selama dua setengah hingga tiga tahun lamanya.

Gorilla

Gorilla merupakan salah satu hewan terkuat di dunia, namun induk gorilla sangatlah lembut dalam menjaga anaknya.

Mereka adalah ibu yang sangat bisa diandalkan, mereka memberi makan dan mengajarkan sendiri kepada anaknya cara untuk bertahan hidup.

Anak gorilla sangatlah rentan sehingga ibunya memutuskan untuk menggendong anaknya kemana-mana hingga berusia enam bulan.

Mereka menyusui anaknya dalam waktu yang panjang kurang lebih selama empat tahun. Setelah berhenti menyusu, anak gorilla tetap tingga bersama dengan induknya selama dua tahun lagi.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/19/143928169/8-induk-hewan-yang-bersifat-pekerja-keras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke