Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hewan-hewan Terkecil di Dunia

KOMPAS.com - Ada berbagai macam hewan dengan karakteristiknya masing-masing, mulai dari mamalia, amfibi, primata, unggas, ikan, hingga reptil.

Hewan-hewan tersebut memiliki bentuk tubuh yang unik dengan ukuran berbeda satu sama lainnya.

Tahukah kamu ada hewan yang memiliki tubuh sangat kecil di dunia, apa saja si hewan tersebut? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

  • Pygmy Marmoset

Pygmy marmoset atau marmoset kerdil adalah spesies monyet terkecil di dunia. Dilansir dari New England Primate Conservancy, marmoset kerdil hidup di vegetasi lebat daerah cekungan Amazon barat yaitu sekitar barat laut Brazil, Kolombia Selatan, Peru, dan Ekuador timur.

Pygmy marmoset memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan monyet lainnya yaitu sekitar 12 hingga 16 cm dengan berat hanya mencapai 3-5 ons saja. Dengan ukurannya terdebut marmoset bisa hidup dalam saku baju kita tanpa merasa sempit.

  • Lemur tikus Madame Berthe

Lemur tikus Madame berthe adalah lemur asal Madagaskar yang diberi gelar sebagai primata terkecil di dunia. Lemur tikus madame berthe dengan nama latin Microcebus berthae memiliki ukuran tubuh rata-rata hanya sepanjang 3,6 inci atau sekitar 9 cm dengan berat sekitar 1 ons saja.

  • Barbados Threadsnake

Barbados threadsnake dengan nama latin Tetracheilostoma carlae adalah ular terkecil di dunia. Barbados threadsnake adalah hewan endemic asal kepulauan Barbados atau hindia barat yang teletak di perbatasan laut Karibia.

Ular Barbados Threadsnake berukuran memiliki panjang 4 inci atau sekitar 10 cm membuatnya terlihat seperti seuntai spageti berwarna coklat. Sayangnya spesies ular Barbados hampir punah karena berkurangnya habitat.

Dilansir dari Beauty of Birds, burung kolibri lebah ditemukan di beberapa wilayah Florida, Amerika Serikat. Kolibri lebah menetap di wilayahnya dan tidak melakukan migrasi, mereka mekan nektar seperti layaknya lebah.

  • Laba-Laba Patu Digua

Laba-laba patu digua sesuai dengan namanya berasal dari daerah bernama Rio Digua di Kolombia. Laba-laba patu digua sangatlah kecil, berukuran hanya sekitar 0,37 milimeter saja sehingga sulit untuk dilihat.

  • Paedophryne amanuensis

Paedophryne amanuensis adalah spesies katak tekecil di dunia dengan ukuran hanya 0,3 inci atau sekitar 0,76 cm saja. Saking kecilnya kata ini sulit terlihat dan baru diketemukan keberadaanya pada tahun 2009 di Papuan Nugini.

  • Brookesia micra

Brookesia micra adalah spesies bunglon terkecil di dunia. Bunglon Brookesia micra ditemukan di Pulau Nosy Hara yang terletak di wilayah Madagaskan bagian utara.

Bunglon Brookesia micra adalah bunglon daun dengan warna coklat bercorak seperti daun kering, membuatnya susah ditemukan oleh mata manusia.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/24/130935469/hewan-hewan-terkecil-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke