Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Zat Tunggal dan Campuran

KOMPAS.com - Berdasarkan komponen penyusunnya, zat dibedakan menjadi dua jenis, yakni zat tunggal dan zat campuran. Kedua jenis zat ini memiliki perbedaan yang didasarkan pada karakteristiknya.

Perbedaan paling signifikan antara zat tunggal dan campuran terdapat pada jumlah zat yang menyertai. Zat tunggal berarti hanya memiliki satu jenis zat saja. Sedangkan zat campuran memiliki dua atau lebih jenis zat.

Zat tunggal

Mengutip dari BBC, zat tunggal atau pure substances adalah zat yang hanya terdiri atas satu jenis materi yang sama. Zat tunggal merupakan bentuk zat yang paling sederhana, jika dibandingkan dengan jenis zat lainnya.

Oleh karena bentuknya sangat sederhana, zat tunggal tidak bisa diuraikan secara kimia. Jenis zat ini akan terus mempertahankan karakteristik aslinya. 

Zat tunggal bisa ditemui dengan mudah di sekitar kita. Contohnya air, garam, gula, kayu, oksigen, besi, emas 24 karat, dan lain sebagainya.

Zat campuran

Zat campuran atau mixture substances adalah zat yang memiliki dua atau lebih jenis zat yang berbeda. Walau terdiri atas dua zat atau lebih, zat campuran masih memiliki sifat asli dari unsurnya.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), zat campuran dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Zat campuran homogen
    Merupakan campuran dua atau lebih zat yang mana seluruh zat penyusunnya tercampur dengan sempurna. Pada jenis zat campuran homogen, zat penyusun campurannya tidak bisa dibedakan. Contohnya air garam, air sirup, perunggu, kuningan dan lain-lain.
  2. Zat campuran heterogen
    Merupakan campuran dua zat atau lebih yang mana seluruh zat penyusunnya tidak tercampur dengan sempurna. Hal ini mungkin terjadi karena masih adanya endapan yang tersisa. Contohnya air kopi, adonan tepung, campuran air dengan tanah, dan lainnya.

Perbedaan zat tunggal dan zat campuran

Jika melihat definisi di atas, zat tunggal dan campuran memang berbeda. Zat tunggal hanya memiliki satu jenis zat saja. Sedangkan zat campuran memiliki dua atau lebih jenis zat.

Selain satu perbedaan tersebut, antara zat tunggal dan zat campuran masih memiliki perbedaan lainnya. Apa sajakah itu?

Berikut penjelasannya yang dikutip dari Difference Between dan Lumen Learning:

Pembeda Zat tunggal Zat campuran
Diuraikan secara kimiawi Tidak bisa diuraikan karena bentuknya sangat sederhana Bisa diuraikan menjadi bentuk senyawa atau zat tunggal
Adanya titik didih Zat tunggal tidak memiliki perubahan titik didih Titik didih zat campuran bervariasi, tergantung pada jenisnya
Adanya titik leleh Zat tunggal tidak memiliki perubahan titik leleh Titik leleh zat campuran bervariasi, tergantung pada jenisnya
Sifat Sifatnya murni karena hanya terdiri atas satu zat atau materi Sifatnya campuran karena berasal dari dua atau lebih zat
Komponen atau penyusunnya Hanya ada satu zat saja Terdiri atas berbagai zat yang bisa dicampurkan, walau belum tentu tercampur sempurna

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/142258869/perbedaan-zat-tunggal-dan-campuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke