Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi dan Kegunaan Tempat Ibadah

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Setiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat badah juga memiliki bentuk dan pengaturan yang khas.

Selain sebagai tempat untuk berdoa kepada Allah, ternyata tempat ibadah memiliki fungsi dan kegunaannya yang lain. Berikut penjelasannya:

Masjid

Masjid merupakan lambang dan tempat beribadah bagi umat Islam. Dalam buku Manajemen Masjid (1995) karya Ramlan Marjoned, selain berkaitan sebagai tempat ibadah, fungsi lain masjid adalah:

Gereja

Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Katolik dan Kristen untuk berkomunikasi pada Allah. Gedung gereja hendaknya dijadikan sarana untuk membangun relasi antar jemaat maupun masyarakat luas dan relasi antara manusia dengan Tuhan.

Dilansir dari BBC, gereja memiliki fungsi sosial dan komunitas. Gereja dapat memainkan peran penting dalam membantu orang lain,sebagai:

Pura

Pura adalah tempat suci untuk melaksanakan persembahan kepada Ida Sanghyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, pada dewam dan roh leluhur sesuai dengan fungsi dan klasifikasi pura.

Dalam jurnal Peranan Pura dalam Meningkatkan Pendidikan Moral dan Keterampilan (2019) karya Widya Werita, selain sebagai temoat ibadah, fungsi dan peran Pura adalah:

  1. Pura sebagai tempat pendidikan moral
  2. Pura sebagai salah satu tempat mewujudkan rasa bhakti kepada Tuhan
  3. Pura sebagai salah satu sarana untuk mendidik dan membina moral
  4. Pura sebagai tempat mendidik keterampilan

Vihara

Vihara menjadi temoat ibadah bagi umat Buddha. Selain sebagai pusat keagmaan untuk berbakti dalam puja bakti terhadap dharma, terdapat fungsi lainnya, yakni:

Kelenteng

Dalam buku Toleransi Beragama (2020) karya Dwi Ananta Devi, kelenteng adalah tampat ibadah bagi umat Khonghucu. Berikut fungsi kelenteng:

  1. Kelenteng sebagai temoat sumber ajaran spiritual
  2. Kelenteng sebagai penanda sejaah perkembangan masyarakat Tionghoa
  3. Kelenteng sebagai sumber simbol ajaran berbagai kepercayaan
  4. Kelenteng sebagai pusat kegiatan sosial dan pembauran kesenian

Adanya kelenteng di Indonesia sebagai tempat situs sejarah dan pelestarian budaya Tionghoa, bahkan menjadi temoat rajuta budaya antara kebudyaan Tionhoa dengan kebudayaan lain.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/24/140504469/fungsi-dan-kegunaan-tempat-ibadah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke