Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Variasi Jenis Pukulan Spin dan Service dalam Permainan Tenis Meja

Selain itu, permainan ini juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan ketangkasan gerak. Seluruh pemain tenis meja tentunya dibekali dengan berbagai teknik dasar.

Salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para petenis meja adalah teknik pukulan. Semua teknik pukulan tersebut tentunya memiliki tujuan dan tekniknya masing-masing.

Contoh teknik pukulan dalam permainan pingpong adalah jenis pukulan spin dan service.

Berikut penjelasannya yang dikutip dari Buku Seri Olahraga Tenis Meja (2019), karya Wawan Sumarsono.

  • Spin 

Teknik spin dalam permainan tenis meja juga sangat penting untuk dipelajari. Teknik ini juga sangat mempengaruhi performa pemain tenis dalam pertandingan.

Jika memadukan teknik top spin dengan teknik servis secara benar, maka peluang untuk mencetak poin dan membuat lawan kewalahan akan semakin terbuka lebar.

Berikut beberapa contoh penerapan teknik spin dalam permainan pingpong:

Teknik spin dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

  1. Top spin
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan menggesekkan bet dengan bola ke arah atas dan depan. Pukulan dilakukan dari bagian bawah bola.
  2. Back spin
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan menggesekkan bet dengan bola ke arah bawah dan depan. Pukulan dilakukan dari bagian atas bola.
  3. Side spin
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan menggesekkan bet dengan bola. Posisi dan pukulannya harus dilakukan menyamping.
  • Service 

Biasanya teknik service dilakukan sebagai tahap awal sebelum melakukan pertandingan. Semua teknik service harus disesuaikan dengan peraturan service dalam permainan pingpong.

Berikut langkah-langkah melakukan teknik service yang benar, yaitu:

  1. Saat akan memulai service, bola harus dalam posisi diam di atas telapak tangan. Posisi bola harus sejajar dengan permukaan meja.
  2. Bola dilambungkan ke atas. Ketinggian dari lambungan bola adalah minimal 16 cm dari permukaan tangan pemain. Pemain baru boleh melakukan teknik service saat bola turun.
  3. Jika bola sudah turun, pemain harus memukul bola hingga menyentuh permukaan meja dan menyentuh net atau menggelinding di atas meja.
  4. Selama permainan tenis meja, bola harus tetap berada di atas permukaan meja. Selain itu, pemain tidak diperbolehkan dengan sengaja menutupi bola dengan bagian tubuh.
  5. Service akan dianggap sah jika seluruh wasit atau juri melihat pukulan service salah satu pemain dan sesuai dengan peraturan teknik service dalam tenis meja.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/03/154500169/variasi-jenis-pukulan-spin-dan-service-dalam-permainan-tenis-meja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke