Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Isotop dan Kestabilannya

Kali ini kita akan mempelajari tentang kestabilan isotop, namun masih inhatkah kamu materi struktur atom yang dipelajari pada kelas 10, terutama tentang isotop? Karna pada materi kimia inti ini akan berhubungan erat dengan isotop.

Isotop

Isotop adalah unsur-unsur yang kembar namun tak identik. Dilansir dari Chemical LibreTexts, isotop memiliki nomor atom yang sama, namun memiliki nomor massa yang berbeda. Nama isotop berasal dari bahasa Yunani “isos” yang berarti sama dan “topos” yang berarti tempat.

Jadi, isotop adalah unsur dengan nomor atom sama dan juga menduduki tempat yang sama pada table priodik, namun nomor massanya berbeda.

Setiap unsur dalam table periodik memiliki setidaknya satu atau lebih isotopnya. Seperti unsur hidrogen yang memiliki tiga isotop yaitu protium, deuterium, dan tritium.

Ketiga isotop hidrogen tersebut sama-sama memiliki satu elektron dan satu proton sehingga nomor atomnya sama. Protium tidak memiliki neutron, deuterium memiliki 1 neuton, sedangkan tritium memiliki 2 neutron.

Perbedaan neutron inilah yang membuat nomor massa ketiga isotop tersebut berbeda.

Rasio atau perbandingan jumlah neutron dan proton dalam inti atom memengaruhi stabilitas suatu isotop. Jumlah neutron dan proton yang sama atau rasio 1:1 menandakan bahwa isotop tersebut stabil.

Sedangkan isotop dengan perbandingan diliar 1:1 menandakan bahwa isotop tersebut tidak stabil.

Sedangkan Hg memiliki 120 neutron dengan 80 proton, menghasilkan rasio 1,5. Hal ini berarti unsur Hg tidak stabil dan berada diatas pita kestabilan isotop.

Adapun contoh unsur yang berada dibawah pita kestabilan adalah unur Be dengan 3 neutron dan 4 proton. Rasio perbendingan neutron dan proton unsur Be adalah 0,75 sehingga berada dibawah pita kestabilan isotop.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/22/194541969/pengertian-isotop-dan-kestabilannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke