Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GGL Induksi Diri

KOMPAS.com - Biasanya kita mematikan lampu kamar ketika akan tidur. Pernahkah kalian mengamati bahwa saat kita telah mematikan saklar lampu, lampu tidak langsung padam, melainkan redup dahulu kemudian padam?

Fenomena tersebut terjadi karena timbulnya gaya gerak listrik induksi diri (ggl induksi diri) yang ada di dalam rangkaian listrik.

Pada suatu rangkaian yang dialiri arus bolak-balik, maka akan menimbulkan fluks magnetik yang juga berubah-ubah terhadap waktu.

Perubahan fluks magnetik yang terjadi akan menginduksi kumparan dalam rangkaian itu sendiri, sehingga akan menimbulkan ggl induksi.

Melansir dari Introduction to Electrical Engineering (2014) oleh Partha Kumar Ganguly, ggl induksi diri merupakan ggl induksi dalam kumparan yang terjadi karena perubahan fluksnya sendiri yang terkait dengan dengannya.

Pada saat saklar lampu ditutup, maka pada kumparan akan mengalir arus listrik yang mengakibatkan timbulnya perubahan fluks magnetik dari nol menuju nilai tertentu.

Pada saat saklar dibuka, arus listrik di dalam rangkaian akan terputus. Sehingga pada kumparan akan terjadi perubahan fluks magnetik dari nilai tertentu kembali menjadi nilai nol.

Perubahan fluks magnetik yang timbul akan menyebabkan timbulnya ggl induksi yang arahnya selalu berlawanan dan menyebabkan terjadinya perubahan fluks magnetik.

Besar dari ggl induksi diri bergantung pada kecepatan perubahan kuat arus listrik yang terjadi.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/21/144702769/ggl-induksi-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke