Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Struktur dan Fungsi Organ-Organ pada Tumbuhan

Simak penjelasan masing-masing organ dan fungsinya seperti dirangkum dari Encylopaedia Britannica!

Akar

Akar adalah organ tumbuhan yang melekatkan tumbuhan pada tanah, akar menahan tumbuhan berdiri dengan tegak. Akar juga berfungsi untuk menyerap air dan juga mineral-meneral yang dibutuhkan tumbuhan dari dalam tanah.

Ujung akar tersusun dari jaringan meristem, sehingga akar akan terus bertambah panjang dan memperluas daerah pencarian airnya.

Akar akan selalu memanjang dan semakin kuat, karena semakin besar suatu tumbuhan maka semakin besar pula pasokan air yang dibutuhkannya.

Selain jaringan meristem, akar tersusun atas rambut akar, jaringan epidermis, korteks, dan silinder pusat (stele). Stele adalah silinder pusat tempat terdapatnya pembuluh angkut xilem dan floem.

Seperti akar, batang tersusun atas epidermis, korteks, dan stele (silinder pusat).  Batang yang sudah tua tersusun atas jaringan dewasa. Adapun batang yang masih tumbuh memanjang tersusun atas jaringan meristem. 

Daun

Daun adalah organ tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat pembuatan makanan (fotosintesis) tumbuhan karena memiliki klorofil.

Pada daun terdapat celah atau stomata yang memungkinkan pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida serta transpirasi air.

Pada gambar terlihat bahwa daun tersusun atas jaringan epidermis, jaringan mesofil (jaringan dasar), dan pembuluh angkut xilem floem yang terletak di dalam silinder kambium vaskular.

Jaringan mesofil daun terdiferensiasi menjadi jaringan palisade yang mengandung banyak kloroplas. Kloroplas adalah plastid yang mengandung klorofil untuk fotosintesis.

Bunga tersusun dari jaringan parenkim mesofil dan juga jaringan epidermis. Adapun kepala sari dari alat kelamin jantan tersusun atas lapisan dinding yang berlapis-lapis.

Biji

Biji adalah organ perkembangbiakan bagi tumbuhan. Dapat dikatakan bahwa biji adalah embrio dari tumbuhan.

Biji yang matang akan membentuk tunas. Tunas tersebut akan bertumbuh dan berkembang menjadi tanaman muda.

Seiring bertambahnya waktu, biji berubah menjadi tumbuhan dewasa seperti induknya.

Selain itu, biji juga berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan seperti pada kacang hijau dan kacang kedelai. 

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/11/010231169/struktur-dan-fungsi-organ-organ-pada-tumbuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke