Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2022, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Gorila adalah kera besar, bahkan termasuk primata terbesar di dunia. Kera ini punya tubuh yang besar, makanan apa saja yang dimakan gorila?

Gorila adalah spesies hewan paling cerdas di dunia. Dua spesies gorila yang masih ada hingga saat ini, berasal dari Afrika Sub-Sahara dan populasi gorila yang paling banyak adalah gorila barat yang hidup di hutan tropis.

Di antaranya di wilayah Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo (DRC), Equatorial Guinea, Gabon, dan Republik Kongo.

Sementara itu, gorila timur, jumlah populasi gorila ini cenderung lebih sedikit dan hidup di pegunungan Rwanda, Uganda, dan DRC serta hutan dataran rendah DRC.

Karena hilangnya habitat dan perburuan, IUCN mencantumkan kedua spesies gorila Afrika tersebut sebagai Sangat Terancam Punah.

Gorila merupakan spesies unik dan disebut memiliki beberapa kesamaan dengan manusia.

Hewan primata ini memiliki perilaku dan kebiasaan yang unik. Namun, yang menarik, sebenarnya makanan apa saja yang dimakan gorila?

Baca juga: Gorila Gunung Afrika Spesies Terancam Punah, Apa Penyebabnya?

Menurut A-Z Animals, meski memiliki badan besar, fisik berotot, ternyata gorila adalah hewan herbivora. Makanan yang dimakan gorila sebagian besar adalah seluruh bagian tumbuhan, termasuk bunga dan buah-buahan.

Gorila makan berbagai macam buah dan sayuran, yang semuanya tersedia di alam liar. Meski hewan herbivora, gorila juga memakan serangga, yang mana makanan itu menjadi sumber protein mereka.

Berikut beberapa jenis makanan gorila yang biasa dikonsumsi primata terbesar di dunia ini.

  • Batang
  • Daun
  • Buah
  • Bunga-bunga
  • Kulit pohon
  • Tanaman rempah
  • Semut
  • Rayap
  • Belatung

Bagaimana cara gorila mencari makan?

Dalam mencari makanan, gorila mengandalkan berbagai indera yang dimilikinya. Kera besar ini dikenal memiliki indera yang sangat mirip dengan primata lain, serta manusia.

Gorila akan mengandalkan indera penglihatan, penciuman, perasa, sentuhan dan indera pendengaran untuk membantu mereka menemukan makanan dan bertahan hidup di alam liar.

Apapun makanan yang dimakan gorila, saat mencari makan, gorila sangat mengandalkan indera penglihatan dan penciuman mereka. Kedua indera ini merupakan indera penting bagi mereka dalam mencari makan.

Baca juga: Mengapa Gorila Jantan Suka Memukul Dadanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com