Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu dan Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian Terlama Abad Ini di Indonesia

Kompas.com - 17/11/2021, 19:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jangan lewatkan kesempatan untuk mengamati Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi pada, Jumat, 19 November 2021. Catat waktu dan cara melihat Gerhana Bulan Sebagian terlama di abad ini. 

Gerhana Bulan Sebagian adalah kondisi ketika sebagian permukaan bulan tertutupi oleh inti bumi atau umbra bumi. 

Semakin bulan menuju ke pusat bayangan pada saat gerhana terjadi, maka durasi gerhana bulan akan semakin lama. 

Menurut NASA, fenomena gerhana bulan sebagian ini akan menyebabkan bulan tertutup bayangan Bumi selama 3 jam dan 28 menit. 

Sedangkan, pada tahun 2018 lalu, gerhana bulan total terlama hanya terjadi dengan durasi satu jam 42 menit, dan 57 detik. 

Serta, kebanyakan gerhana bertahan selama kurang dari dua jam, maka peristiwa gerhana bulan sebagian minggu depan, akan menjadi yang terpanjang atau terlama di abad ini.

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 Jadi yang Terlama Abad Ini, Apa Alasannya?

 

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, Gerhana Bulan Sebagian kali ini memiliki magnitudo gerhana 0,9785. 

Artinya adalah, hanya 97,85 persen lebar Bulan yang tertutupi umbra Bumi. Sehingga, Gerhana Bulan terjadi dekat gugus Pleaides di konstelasi Taurus.

"Gerhana Bulan Sebagian kali ini 97,85 persen permukaan bulan itu tertutupi oleh umbra bumi, sehingga durasi gerhananya bisa mencapai 3 jam 28 menit," kata Andi kepada Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Kendati menjadi yang terlama di abad ini, di Indonesia hanya daerah Papua saja yang memiliki durasi gerhana bulan yang terlama, yakni 2 jam 20 menit.

Gerhana Bulan Sebagian akan mengalami puncaknya pada 29 November 2021 pukul 16.02 WIB, 17.02 Wita, dan 18.02 WIT.

"Puncak gerhana bulan sebagian terjadi beberapa menit setelah puncak fase Purnama yang terjadi pada (waktu) pukul 15.57 WIB, 16.57 Wita, 18.57 WIT," jelas Andi menerangkan waktu gerhana bulan sebagian yang akan terjadi pada Jumat (19/11/2021). 

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian Terlama, Ini Daftar Wilayah Indonesia yang Bisa Mengamatinya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com