Kompas.com - 28/10/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Bumi. Lapan menjelaskan, untuk melihat kelengkungan Bumi, setidaknya minimal kita harus berada di ketinggian lebih dari 100-200 kilometer dari permukaan. Shutterstock/TriffIlustrasi Bumi. Lapan menjelaskan, untuk melihat kelengkungan Bumi, setidaknya minimal kita harus berada di ketinggian lebih dari 100-200 kilometer dari permukaan.

KOMPAS.com - Mungkin Anda pernah melihat gambar, baik foto maupun ilustrasi, yang menampakkan sisi lain dari bentuk bumi yang terlihat melengkung, karena bagian dari bentuk Bumi bulat.

Namun, pernahkan Anda memikirkan kapan atau pada ketinggian berapa penampakan bumi yang terlihat melengkung itu bisa Anda saksikan?

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, memang ada ketinggian minimal untuk kita dapat mengamati sisi lengkung Bumi.

Ketinggian minimal tersebut bisa diperhitungkan dengan rumus Daya Urai Reayleigh, yaitu kemampuan mata untuk memisahkan atau membedakan dua objek yang jaraknya berdekatan, sehingga terlihat menjadi dua benda yang terpisah satu sama lain.

Baca juga: Video Viral Bola Merah Diduga Meteor Jatuh di Aceh, Ini Kata Peneliti Lapan

Di mana di dalam rumus tersebut, terdapat panjang gelombang visual mata (5550 A, spektrum hijau), jarak dari pengamat ke ujung horison (meter atau km), dan diamater pupil manusia (4 mm jika tak berakomodasi, 8 mm jika berakomodasi maksimum).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, yang dimaksudkan dengan berakomodasi adalah alat bantu optik.

Uraian ini ditujukan untuk mengetahui tinggi kelengkungan Bumi minimum yang dapat dikenali oleh mata manusia dalam satuan meter atau kilometer.

Selain rumus Daya Urai Rayleigh, Andi berkata, untuk mengetahui ketinggian minimum melihat kelengkungan Bumi, digunakan juga rumus Jarak Horisun, Sudut Kerendahan Ufuk (dip) dan tinggi temberang.

Hasilnya ketinggian yang didapatkan juga berbeda antara pengamatan dengan dan tanpa akomodasi atau bantuan optik.

Ketinggian untuk melihat kelengkungan bumi

1. Ketinggian pengamatan dengan bantuan optik

Dengan perhitungan menggunakan ketiga rumus tersebut, maka diperoleh ketinggian minimum di atas permukaan Bumi agar dapat melihat kelengkungan Bumi yakni sebesar 111,7811 kilometer untuk mata berkomodasi maksimun, dengan ketinggian lengkungan sama dengan 111,7792 kilometer (1,7525 persen jari-jari ekuator Bumi).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.