Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misi Rusia ke Bulan Tahun Ini Ditunda, Apa Alasannya?

Kompas.com - 25/08/2021, 18:33 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Badan antariksa Rusia mengumumkan penundaan misi luar angkasa mereka ke Bulan, yang semestinya akan dilakukan pada tahun ini.

Misi pertama Rusia ke Bulan ini adalah misi pertama untuk mengeksplorasi permukaan satelit Bumi tersebut.

Alasan penundaan misi ke Bulan ini, dikarenakan mereka menemukan adanya masalah teknis selama pengujian wahana antariksa yang akan diluncurkan ke Bulan.

Rusia berencana melakukan misi tersebut dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Luna-25.

Namun, masalah yang dihadapi selama pengujian pesawat tersebut, membuat negara ini harus menunda misi ini, dilansir dari Phys, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: China dan Rusia Sepakat Bangun Stasiun Luar Angkasa di Bulan

 

Roscosmos, badan antariksa Rusia mengumumkan pekan lalu, bahwa misi ke Bulan yang semula dijadwalkan meluncur pada 1 Oktober 2021 dari Vostochny Cosmodrome di Far East, telah dipindahkan jadwalnya pada Mei 2022.

Misi pesawat ruang angkasa Luna-25 ke kutub selatan Bulan, yang semestinya dapat dilakukan oleh para kosmonot Rusia tahun ini, bertujuan untuk menyelidiki deposit es di wilayah tersebut.

Misi ini pun akan menjadi misi pertama Rusia ke permukaan bulan dalam 45 tahun dan yang pertama dalam sejarah pasca-Soviet.

Kepala insinyur dari biro desain NPO Lavochkin negara bagian Rusia menjelaskan penundaan misi ini pada Selasa lalu, dilakukan agar mereka memiliki "lebih banyak waktu" untuk menyelesaikan uji coba.

"Kami mengalami masalah tertentu selama pengujian (pesawat ruang angkasa untuk misi Rusia ke Bulan)," kata Alexander Shirshakov.

Baca juga: Ilmuwan: Misi ke Bulan Jangan Ditunda, Apa Alasannya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com