Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neanderthal Ikut Andil Ciptakan Lahirnya Seni Zaman Purba

Kompas.com - 17/03/2021, 17:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Peneliti menyebut kemampuan untuk berpikir dan membuat objek tak hanya terbatas dimiliki Homo sapiens saja melainkan juga mampu dihasilkan oleh kerabat kita, Neanderthal, terutama andil mereka dalam ciptakan sejarah seni zaman purba.

Dasar dari pemikiran itu adalah pertemuan-pertemuan yang terjadi antara kita--Homo sapiens dengan spesies manusia lainnya yang hidup di zaman purba.

Antara 40.000 dan 150.000 tahun yang lalu, ada sekitar enam jenis manusia berbeda yang ada di berbagai belahan dunia, termasuk di antaranya Neanderthal, Homo floresiensis, Homo luzonesis, dan Denisovan.

Ketika Homo sapiens bertemu dengan kerabatnya, Neanderthal dan Denisovan sekitar 50.000 tahun yang lalu mereka tak hanya kawin tetapi juga bertukar ide.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Gigi yang Mengungkap Kawin Silang Manusia Neanderthal

 

Pertemuan-pertemuan antara Homo sapiens, Neanderthal dan Denisovan itu lah yang akhirnya menurut peneliti menyebabkan lonjakan kreativitas, salah satunya dalam seni di zaman purba masa itu.

Seperti dikutip dari Guardian, Rabu (17/3/2021) pertukaran ide antar spesies manusia itu pun dapat menjelaskan lonjakan dan perkembangan benda-benda dalam catatan arkeologi.

Di antaranya seperti gigi yang dilubangi, liontin cangkang, penggunaan pigmen, tulang yang dihias, dan lukisan gua.

"Awal 50.000 hingga sekitar 38.000 hingga 40.000 tahun yang lalu, kami melihat pertumbuhan besar-besaran pada jenis ornamen itu yang tak pernah kami liat sebelumnya," kata Tom Higham, profesor ilmu arkeologi di Universitas Oxford.

Sementara selama ini, kita selalu berpikir bahwa asal mula seni dan pemikiran kognitif yang kompleks adalah ciri khas Homo sapiens. Akan tetapi, ternyata ada peran atau andil manusia Neanderthal dalam ciptakan sejarah seni zaman purba.

Baca juga: Bukti Baru Ditemukan, Neanderthal Juga Lakukan Ritual Pemakaman

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com