Peneliti Pelajari Kotoran Manusia Purba Neanderthal, Untuk Apa?

Kompas.com - 09/02/2021, 13:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber New Atlas

KOMPAS.com- Manusia memiliki hubungan simbiosis dengan triliunan mikroba yang hidup di usus. Mempelajari hal ini, para peneliti mempelajari kotoran manusia Neanderthal dari fosil feses yang ditemukan di sebuah gua di Spanyol.

Mikroba-mikroba ini punya arti penting dan amat berpengaruh bagi kesehatan manusia.

Menariknya, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Communications Biology, mikroba-mikroba tersebut itu telah ada selama ratusan ribu tahun dalam usus manusia.

Kesimpulan ini terungkap setelah peneliti mempelajari kotoran manusia Neanderthal yang berusia 50.000 tahun.

Seperti dikutip dari New Atlas, Senin (8/2/2021) dalam studinya peneliti dari Universitas Bologna, Italia, mengumpulkan feses purba di sebuah gua di Spanyol yang diketahui telah dihuni oleh Neanderthal selama ribuan tahun.