Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Gejala Gangguan Kecemasan Sosial, dari Berkeringat hingga Menghindari Orang Lain

Kompas.com - 17/11/2020, 08:04 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Jika Anda merasa selalu khawatir, gelisah, sakit fisik, bahkan takut saat berhadapan dan berbincang dengan lawan bicara Anda, barangkali Anda sedang mengalami gangguan kecemasan sosial (social anxiety).

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dari Omni Hospital Alam Sutera Tangerang, dr Andri SpKJ FACLP.

Andri menjelaskan gangguan kecemasan sosial atau social anxiety juga disebut dengan fobia sosial, dan dikenal dengan istilah demam panggung oleh masyarakat pada umumnya.

"Kecemasan sosial adalah kondisi ketika seseorang merasa cemas dan takut ketika harus bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain," kata Andri dalam acara virtual talk show dari Super You bertajuk Mengatasi Kecemasan Sosial saat Pandemi Covid-19, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: 8 Tanda Anda Memiliki Gangguan Kecemasan

 

Dalam pemaparannya, Andri mencontohkan kondisi seseorang mengalami apa yang dinamakan demam panggung atau gangguan kecemasan sosial ini.

Salah satunya, kondisi seseorang perempuan berusia 34 tahun yang dapat menemui psikiater, karena mengalami kesulitan jika harus presentasi di depan atasan dan rapat kerjanya.

"Biasanya dia akan keluar keringat dingin, mulut tercekat dan tidak bisa keluar kata-kata. Jika pun dia bisa berkata, biasana suaranya bergetar," ceritanya.

Kondisi ini bahkan dialami perempuan tersebut sudah sejak masa remaja, dan memiliki kecenderungan untuk menghindari hal-hal seperti tampil di muka umum atau menjadi pusat perhatian.

Justru, terkadang perempuan dengan gangguan kecemasan juga menghindari orang-orang yang dianggapnya punya kedudukan lebih tinggi, termasuk anggota keluarga seperti paman atau bibinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com