Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Merapi Siaga, Ahli Prediksi Tak Akan Sedahsyat Letusan 2010

Kompas.com - 06/11/2020, 09:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Berdasarkan data evaluasi pemantauan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada ke Siaga (level III), pada Kamis (5/11/2020).

Gunung Merapi tampaknya kembali memasuki fase intrusi magma baru, yang ditandai dengan peningkatan gempa vulkanik dalam (VA) dan rangkaian letusan eksplosif hingga 21 Juni 2020.

Dari data hasil pemantauan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, setelah letusan eksplosif 21 Juni 2020 kegempaan internal yaitu VA, VB (Vulkanik Dangkal), dan Fase Banyak (MP) masih terus meningkat.

Baca juga: Gunung Merapi Meletus, Surono Sebut Letusan ini akan Sering Terjadi

Selain itu, dari siaran pers yang diterima Kompas Sains, terjadi pemendekan jarak baseline EDM sektor barat laut Babadan sebesar 4 cm sesaat setelah terjadi letusan eksplosif 21 Juni 2020.

Terkait erupsi tersebut, ahli vulkanologi Surono mengatakan, jika dilihat dari data, semua aktivitas dangkal, tidak ada gempa dalam, dan tidak ada peningkatan energi tiba-tiba, maka potensi terburuk letusan gunung Merapi akan seperti tahun 2006.

“Kita jangan berandai-andai akan seperti 2010 ya, karena dari data dan parameter yang terdeteksi, gempanya tidak menunjukkan ke arah sana. Tidak akan menjadi letusan seperti 2010,” ujar Rono.

“Kalau diperhatikan, gempa vulkanik dangkal agak sedikit meningkat. Jika aktivitasnya tetap seperti ini dan tidak ada peningkatan energi tiba-tiba, skenario terburuk letusannya akan seperti 2006,” lanjutnya.

Baca juga: Viral Video Asteroid Tabrak Gunung Merapi, Ini Penjelasan Lapan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com