Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kita Sangat Tertarik dengan Cerita Kejahatan di Kehidupan Nyata?

Banyak di antara kita yang sangat tertarik dengan kisah-kisah kejahatan baik di buku, drama televisi, film, maupun kasus-kasus di dunia nyata yang terjadi di sekitar kita.

Di Indonesia, saat ini masyarakat tengah menaruh perhatian terhadap kasus kejahatan penembakan dan manipulasi kronologi yang dilakukan Ferdy Sambo (tersangka) terhadap ajudannya Brigadir J (korban).

Sebelumnya tahun 2016, masyarakat di tanah air juga begitu tertarik mengikuti gelar perkara dari seri-seri persidangan, untuk mengungkap kejahatan kasus sianida yang melibatkan Mirna Salihin (korban) dan Jessica Kumala Wongso (terdakwa).

Lalu, sebenarnya mengapa kita sangat tertarik dengan cerita tentang kejahatan?

Ahli psikolog forensik Richard Lettieri Ph.D dalam Psychology Today edisi (24/9/2022) mengatakan, bahwa kecenderungan kita tertarik dengan cerita kejahatan adalah karena itu merupakan sisi batasan manusia dengan hal yang tersembunyi dari diri kita.

Pada dasarnya, sikap ataupun pemikiran dan perangai yang mendominasi dalam diri seseorang dibentuk oleh konvensi sosial, ketakutan, tugas, kasih sayang, keberanian, rasa bersalah, identifikasi dengan orang yang dicintai, dan lain sebagainya.

Semua faktor pendukung itu akan menyatu menjadi sesuatu yang disebut kebajikan, namun selalu tergoyah dengan sisi gelap dan bayangannya.

Richard menjelaskan, sama seperti kebajikan, sisi gelap ini ada dalam diri kita.

Dorongan-dorongan untuk menipu, melukai seseorang, untuk melampaui batas-batas itu sebenarnya ada, tetapi dengan kebajikan yang dominan akan memendam sisi gelap itu dan tak tersalurkan kepada hal-hal seperti apa yang kita sebut dengan kejahatan.

Psikolog evolusioner David Buss, dalam bukunya The Murder Next Door: Why the Mind Is Designed to Kill, melakukan penelitian dan menemukan bahwa 91 persen pria dan 84 persen wanita memiliki fantasi yang jelas untuk membunuh seseorang.

Pikiran seperti itu biasanya terjadi pada kita semua, tetapi biasanya tetap berada di alam pikiran atau fantasi pada saat-saat kemarahan atau irasionalitas yang cepat berlalu.

Nah, hal inilah yang berbeda dengan para terdakwa pelaku kejahatan yang ada di cerita-cerita fiksi, maupun kisah nyata di sekitar kita.

Tindakan yang mengerikan itu dilakukan oleh terdakwa karena kondisi manusia itu sendiri, di mana bagian potensial fantasi dan sisi gelap di alam pikiran kita tidak lagi dapat disangkal, dirasionalisasikan, atau dikendalikan lagi.

Hal ini sama seperti yang disampaikan oleh Psikolog Dr Meg Arroll dilansir dari Telegraph edisi (9/9/20219).

Arroll menjelaskan, bahwa kegelapan subjek inilah yang membuth kisah kejahatan nyata begitu menarik bagi kita.

“Sebagai manusia, kita ingin memahami sisi gelap dari sifat kita,” kata dia.

“Kisah kriminal yang sebenarnya, memungkinkan kita untuk menjelajahinya dengan cara yang aman, dari jarak yang aman,” tambahnya.


Psikolog Chivonna Childs, PhD dalam Cleveland Clinic (9/7/2021) mengatakan, bahwa terobsesi untuk menonton atau membaca hal-hal mengenai kejahatan dalam dunia nyata tidak membuat Anda aneh.

“Sudah menjadi sifat manusia untuk selalu ingin tahu. Kejahatan di dunia nyata menarik bagi kita, karena kita melihat sekilas ke dalam pikiran orang yang nyata yang telah melakukan tindakan keji,” jelasnya.

Menurut Childs, kebanyakan pencinta kisah kejahatan atau kriminal di dunia nyata terpesona oleh orang-orang seperti Jack the Ripper, HH Holmes, dan Ted Bundy karena keinginan yang mendalam untuk lebih memahami kapasitas kekejaman mereka yang tak terpikirkan.

Motif wanita dan pria membaca kisah kejahatan

Sebuah studi tahun 2012 oleh University of Illinois menemukan, bahwa wanita lebih cenderung membaca kisah kriminal yang sebenarnya daripada pria.

Sementara, laki-laki lebih mungkin menjadi pelaku dan korban kejahatan kekerasan.

Serta bagi laki-laki, menonton acara tentang kejahatan dan pembunuhan tampaknya membangkitkan perasaan kejantanan.

Penelitian telah menunjukkan, bahwa perempuan lebih takut diserang dan ada argumen bahwa perempuan tertarik pada kisah kejahatan nyata sebagai refleks bertahan hidup untuk belajar bagaimana mereka bisa menghindari menjadi korban dari kejahatan itu sendiri.

“Ada banyak penelitan yang menunjukkan, bahwa ketakutan akan kejahatan lebih umum daripada kejahatan itu sendiri,” kata Arroll.

“Jika kita merasa bahwa kita memiliki kendali lebih besar atas hidup kita dan dunia secara umum”.

Faktor terkait yang dapat mendorong minat pada laki-laki dan wanita adalah minat pada kejahatan dan kekerasan, berkembang sebagai cara untuk mengenali bahaya di lingkungan dan untuk mempersiapkan pembelaan.

Beberapa peneliti menyimpulkan, bahwa ketertarikan pada kejahatan dan pembunuhan memberikan pelarian dari kehidupan sehari-hari yang membosankan.

Selain itu, alasan kisah kriminal yang sebenarnya begitu populer adalah karena tindak kejahatan itu tidak pernah dapat diprediksi secara pasti.

“Hal yang membedakan kisah nyata adalah setiap kisah itu orisinal, tidak ada persilangan,” ujarnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/15/080500023/mengapa-kita-sangat-tertarik-dengan-cerita-kejahatan-di-kehidupan-nyata-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke