Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karang Gigi Lepas Sendiri, Baik atau Justru Berbahaya?

KOMPAS.com - Karang gigi lepas sendiri sering kali dianggap baik karena bisa bersih tanpa harus ke dokter. Padahal, karang gigi yang lepas tanpa bantuan dokter bisa jadi tanda karang gigi sudah terlalu banyak. Apa yang harus dilakukan?

Terbentuknya karang gigi

Terbentuknya karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan ini lengket dan membentuk suatu lapisan yang disebut biofilm. Lapisan biofilm ini akan menjadi makanan yang baik untuk bakteri di dalam mulut, sehingga bakteri akan melepaskan asam yang memecah karbohidrat. Kombinasi antara sisa makanan, bakteri, dan asam ini membentuk plak.

Plak adalah lapisan kekuningan lunak yang masih mudah dibersihkan dengan sikat gigi. Namun, jika kita jarang menyikat gigi atau cara menyikat gigi tidak bersih, plak tersebut akan mengalami kalsifikasi dan menjadi karang gigi.

Karang gigi lepas sendiri

Terkadang, ketika sedang makan sesuatu atau sedang menyikat gigi, Anda mendapati bagian kecil gigi Anda lepas dan biasanya menyisakan bagian tajam. Pertama-tama, Anda harus memastikan apakah itu karang gigi atau gigi yang patah.

Cara mudahnya adalah melihatnya secara visual dan coba mematahkannya. Jika secara visual patahan tersebut berwarna kecokelatan atau hitam, maka dapat dipastikan itu adalah karang gigi. Jika warnanya putih kekuningan, cobalah mematahkannya. Jika mudah patah, maka itu adalah karang gigi, namun jika keras maka kemungkinan itu adalah gigi.

Normalnya, karang gigi tidak akan lepas sendiri karena permukaannya yang kasar akan membuat ia menempel dengan kuat ke gigi. Namun, jika karang gigi sudah menumpuk terlalu tebal, tinggi atau bahkan membentuk jembatan ke gigi sebelahnya, biasanya karang gigi akan mudah patah sebagian. Namun, jarang karang gigi sampai lepas bersih seluruhnya.

Apa yang harus dilakukan?

Jika Anda mendapati karang gigi lepas sendiri, jangan coba-coba untuk mencungkil sisanya dengan alat apapun. Tindakan ini berisiko melukai gigi dan gusi Anda.

Jika terdapat sisa patahan yang tajam, hati-hati karena ini bisa melukai lidah Anda. Segera kunjungi dokter gigi agar dokter bisa membersihkan karang gigi di mulut Anda seluruhnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/02/133000423/karang-gigi-lepas-sendiri-baik-atau-justru-berbahaya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke