Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Sebaiknya Minum Obat Hipertensi, Pagi atau Malam?

KOMPAS.com - Penderita hipertensi dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup dan meminum obat untuk mengontrol tekanan darah. Namun, meminum obat hipertensi tidak boleh sembarangan. Seorang pembaca Kompas.com dengan akun Instagram @Sumami_59 mengirim pertanyaan ke Halo Prof! mengenai waktu untuk meminum obat hipertensi:

"(Yang) terbaik, minum obat hipertensi pagi atau malam ya? Dan minumnya dengan jam yang sama?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Lydia Dorothea Simatupang, Sp.PD-KGH, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi dari RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut paparannya:

Halo Ibu Sumami, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Ada dua faktor penentu kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat anti-hipertensi, yaitu jenis obat anti-hipertensi yang diresepkan oleh dokter, dan juga kondisi hipertensi Ibu.

Berbeda jenis obat, maka akan berbeda pula waktu pemberiannya. Ada obat yang diminum pagi hari, ada obat yang diminum di malam hari, meski tidak harus selalu di jam yang sama.

Kondisi hipertensi Ibu juga menjadi faktor penentu, apakah tekanan darah Ibu cenderung tinggi ketika pagi hari atau malam hari. Kecenderungan itu yang dapat menjadi dasar penentuan waktu mengonsumsi obat hipertensi.

Yang terpenting adalah ikuti anjuran dokter yang merawat Ibu ya. Minum obat secara teratur, sertai dengan banyak minum air putih, dan jangan lupa rutin cek tekanan darah Ibu, ya. Semoga dengan melakukan hal-hal ini, kondisi hipertensi Ibu dapat terjaga dengan baik.

Semoga membantu ya, Bu. Salam sehat.

dr. Lydia Dorothea Simatupang, Sp.PD-KGH, FINASIM

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi

RS Pondok Indah – Puri Indah

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/21/140000223/kapan-sebaiknya-minum-obat-hipertensi-pagi-atau-malam-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke