Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Ivan Gunawan Rawat 2 Boneka Seperti Anak | Gempa Terkini di Laut Banda | Vaksin Booster AstraZeneca untuk Omicron

KOMPAS.com - Berita populer Sains sepanjang Kamis (30/12/2021) hingga Jumat (31/12/2021) diramaikan dengan kabar Ivan Gunawan yang merawat dua boneka seperti anak sendiri.

Dalam channel YouTube Boy William, Igun, demikian desainer kenamaan ini biasa disapa, menyebut kedua boneka tersebut adalah anaknya.

Selain artikel tentang anak Ivan Gunawan, berita lainnya yakni terkait gempa bumi di Laut Banda yang mengguncang sekitar wilayah tersebut pada Kamis dini hari.

Gempa terkini yang mengguncang wilayah tersebut berkekuatan M 7,3, yang guncangan gempa Laut Banda tersebut terasa hingga Sorong, Papua dan Australia.

Berita populer Sains juga masih diramaikan perkembangan studi vaksin booster untuk melawan varian Omicron.

Salah satunya, vaksin booster AstraZeneca yang diklaim dapat meningkatkan antibodi penetral terhadap varian Omicron.

Penyebab reumatik dan asam urat, juga menjadi berita populer Sains yang cukup banyak dibaca pembaca Kompas.com.

Berikut ini rangkuman beberapa berita populer Sains yang ramai dibaca sepanjang Kamis (30/12/2021) hingga Jumat (31/12/2021) pagi.

Ivan Gunawan rawat boneka seperti anak

Saat diwawancara Boy William dalam channel YouTube-nya, Ivan Gunawan memperkenalkan dua boneka bayi yang disebutnya sebagai anaknya. Pengakuan ini pun lantas membuat kehebohan netizen.

Kedua boneka yang diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan ini, ditegaskan Igun sebagai anaknya.

Banyak netizen yang kemudian menganggap Igun mengada-ada dan mempertanyakan kondisi kesehatan jiwa desainer tersebut.

Menanggapi hal ini, Eunike Sri Tyas Suci dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya mengatakan, dalam penyampaian dan juga apa yang sedang dilakukan terhadap dua boneka yang dianggap dan diperlakukan seperti anak sendiri itu, Ivan Gunawan jelas masih dalam keadaan sehat jiwa.

"Ivan sehat jiwa, tidak mengalami gangguan. Dia (Ivan Gunawan) hanya melakukan personifikasi boneka bayi seolah-olah bayi sungguhan. Bonekanya bagus banget," kata Tyas kepada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Penjelasan selengkapnya mengenai boneka anak Ivan Gunawan yang menjadi berita populer Sains ini, dapat disimak di sini.

Gempa terkini guncang Laut Banda M 7,3

Laut Banda diguncang gempa tektonik berkekuatan magnitudo 7,4, yang memiliki parameter update M 7,3, Kamis (30/12/2021) dini hari pukul 01.25 WIB .

Menurut BMKG, pusat gempa Laut Banda ini berlokasi di laut pada jarak 132 km arah timur Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, dengan kedalaman 183 km.

Kendati magnitudo gempa bumi cukup besar, namun Kepala Bidang Informasi Gempabumi BMKG, Daryono menegaskan bahwa gempa Laut Banda tidak berpotensi tsunami.

After shock masih tampak terjadi, dan dilaporkan hingga pukul 05.00 WIB, terdapat 11 kali gempa susulan dengan kekuatan M 3,9 hingga M 5,4.

Gempa Laut Banda yang terjadi, kata Daryono, disebabkan oleh deformasi batuan dalam lempeng tersubduksi dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Untuk selengkapnya, informasi populer Sains sepanjang Kamis (30/12/2021) ini dapat dibaca di sini.

Vaksin AstraZeneca Tingkatkan Antibodi terhadap Omicron

Kabar baik datang dari pengembang vaksin Covid-19 di Inggris. Studi yang dilakukan peneliti University of Oxford telah mendukung penggunaan AZD1222, vaksin AstraZeneca sebagai vaksin booster dosis ketiga untuk melawan infeksi varian Omicron.

Profesor Regius Ilmu Kedokteran di Universitas Oxford, Profesor Sir John Bell mengatakan, menurut data laboratorium baru, vaksin AZD1222 (ChAdOx1-S [Rekombinan]) AstraZeneca secara signifikan meningkatkan antibodi terhadap varian Omicron setelah booster dosis ketiga.

Sir John mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca tersbeut memiliki potensi perlindungan terhadap varian Omicron setelah booster dosis ketiga diberikan.

Studi booster vaksin AstraZeneca terhadap varian Omicron ini dilakukan secara independen oleh para peneliti di Universitas Oxford.

Hasil temuan studi tersebut telah diunggah online di jurnal bioRxiv pre print server.

Berdasarkan hasil studi dari sampel yang diambil tersebut, titer netralisasi untuk Covid varian Omicron meningkat setelah vaksin booster dosis ketiga menggunakan AZD1222 dibandingkan titer antibodi setelah dosis kedua.

Selengkapnya mengenai vaksin booster AstraZeneca, dalam berita populer yang dapat disimak di sini.

Perbedaan reumatik dan asam urat

Artritis reumatoid atau reumatik dan asam urat adalah dua jenis penyakit radang sendi yang berbeda.

Kendati mungkin keduanya memiliki gejala yang sama, baik reumatik maupun asam urat, namun ternyata penyebab kedua penyakit ini berbeda.

Bahkan cara mengatasi reumatik maupun asam urat juga tidak bisa disamakan.

Oleh karena itu, perlunya mengetahui perbedaan penyebab reumatik dan asam urat, guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Selengkapnya mengenai perbedaan reumatik dan asam urat sebagai salah satu informasi populer Sains, dapat disimak di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/31/070200123/populer-sains-ivan-gunawan-rawat-2-boneka-seperti-anak-gempa-terkini-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke