Salin Artikel

5 Hewan Purba yang Masih Hidup

KOMPAS.com – Jutaan tahun yang lalu, dinosaurus hidup bersama banyak makhluk prasejarah lainnya.

Beberapa hewan purba tersebut masih hidup hingga saat ini dan hanya mengalami sedikit modifikasi dari nenek moyang mereka.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, seringkali makhluk yang tampaknya kuno tersebut merupakan perwakilan dari garis keturunan yang dulunya lebih beragam.

Salah satu hewan purba yang tidak mengalami banyak perubahan adalah buaya dan hiu sehingga mereka dijuluki sebagai “fosil hidup”.

Selain buaya dan hiu, dilansir dari World Atlas, berikut adalah 5 hewan purba yang masih hidup:

1. Ikan pari air tawar raksasa

Ikan pari air tawar raksasa dianggap sebagai salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Ia bisa tumbuh hingga 1,89 meter dengan berat lebih dari 500 kg.

Diyakini bahwa ikan pari air tawar ini berevolusi sekitar 100 juta tahun yang lalu dan saat ini tengah berhadapan dengan kepunahan.

2. Nautilus

Nautilus, makhluk hidup yang telah ada di Bumi selama sekitar 500 juta tahun. Ia menghuni terumbu karang di sekitar Samudera Hindia.

Spesies tepat nautilus yang dianggap sebagai nautilus yang paling tua dikenal sebagai nautilus berkerak dan mereka dianggap punah selama hampir 30 tahun hingga ditemukan kembali di tahun 2015.

3. Platipus

Platipus berparuh bebek adalah mamalia bertelur yang diangap oleh banyak orang sebagai salah satu hewan paling aneh yang masih hidup saat ini.

Fosil tertua platipus modern berusia 100.000 tahun. Namun, diyakini bahwa nenek moyangnya hidup hampir 170 juta tahun yang lalu.

Menariknya, ilmuwan pertama yang pernah memeriksa tubuh platipus pada tahun 1799 menganggapnnya sebagai hewan palsu.

Para ilmuwan awalnya menganggap platipus sebagai hewan “buatan” dari beberapa hewan yang dijahit bersama.

4. Tikus gajah

Tikus gajah dapat ditemukan di seluruh bagian selatan Afrika dan merupakan mamalia kecil yang mirip dengan oposum.

Nenek moyang tikus gajah ini hidup pada periode Paleogen, yang dimulai sekitar 66 juta tahun yang lalu.

5. Alligator gar

Alligator gar dapat ditemukan di Amerika Utara dan dianggap sebagai salah satu ikan air tawar terbesar yang pernah ada.

Spesies ikan ini telah mempertahankan sebagian besar karakteristik morfologi nenek moyang mereka yang meliputi kemampuan untuk menghirup udara dan air.

Diketahui bahwa asal-usul alligator gar sudah ada sejak lebih dari 100 juta tahun yang lalu.