Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi Terumbu Karang bagi Lingkungan

KOMPAS.com - Terumbu karang adalah satu dari tiga komponen penyusun ekosistem pesisir. Ekosistem pesisir dan laut dangkal terdiri dari mangrove, padang lamun, dan terumbu karang.

Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan alga yang disebut zooxanthliae.

Terumbu karang adalah ekosistem yang sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, seperti suhu, sedimentasi, dan sentuhan. Oleh karena itu, pemanasan global juga memiliki dampak secara tidak langsung kepada rusaknya terumbu karang.

Selain itu, kenaikan suhu permukaan air laut juga memicu pemutihan karang (coral bleaching) yang diikuti kematian terumbu karang hingga 90 persen.

Terumbu karang merupakan ekosistem yang harus kita jaga karena memiliki banyak fungsi bagi kehidupan dan lingkungan. Dilansir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, di bawah ini merupakan fungsi terumbu karang.

1. Mengontrol iklim bumi

Lebih dari 70 persen permukaan Bumi ditutupi oleh air. Laut berperan menangkap karbon dioksida yang terkandung di dalam atmosfer. Kemampuan ini adalah akibat keseimbangan ekosistem laut, termasuk terumbu karang.

Jika ekosistem laut mengalami kerusakan, kemampuan laut menyerap karbon dioksida akan berkurang. Dampaknya tidak hanya kepada iklim Bumi, tetapi juga terhadap keberlangsungan makhluk laut lainnya.

2. Habitat hewan kecil

Bersama dengan mangrove dan padang lamun, terumbu karang menjadi tempat tinggal yang ideal bagi hewan-hewan kecil seperti kuda laut, ikan kerapu, ikan baronang, dan ikan kecil lainnya.

Selain itu, terumbu karang juga menjadi sumber makanan bagi hewan-hewan terebut.

3. Menahan ombak dan gelombang laut

Terumbu karang mampu menahan dan memperlambat arus ombak yang datang ke pesisir. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi pantai dan mengurangi dampak jika terjadi gelombang besar seperti tsunami.

4. Wisata bahari

Terumbu karang memiliki bentuk dan warna yang sangat indah dan beragam. Ini menjadikannya memiliki potensi wisata bahari.

Namun, perlu bijak jika menjadikan ini obyek wisata karena terumbu karang adalah ekosistem yang sangat sensitif terhadap perubahan sekitar dan sentuhan.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/04/140000123/fungsi-terumbu-karang-bagi-lingkungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke