Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa M 5,8 Guncang Teluk Tomini Sulteng, Tak Berpotensi Tsunami

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terkini, gempa tektonik berkekuatan M 5,8 mengguncang wilayah Teluk Tomini, pada pukul 09.14 WIB, Kamis (26/8/2021).

Hasil analisis BMKG menunjukkan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,83 derajat LS dan 121,51 derajat BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setito Prayitno MSi mengatakan, lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 12 km arah Barat Laut Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 kilometer. 

Dijelaskan Bambang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip)," kata dia.  

Namun, dampak getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan di banyak daerah dengan skala intensitas atau kekuatan yang bervariasi.

Guncangan gempa hari ini dirasakan di daerah Ampana dengan skala intensitas IV-V MMI, di mana getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Masyarakat di wilayah Poso merasakan getaran akibat guncangan gempa dengan skala intensitas IV MMI.

Pada skala ini, Bambang menjelaskan, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.


Selanjutnya, di wilayah Morowali, getaran gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Untuk di wilayah Luwu Timur dan Parigi Moutong, getaran akibat guncangan dengan skala intensitas II-III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Serta, terakhir di wilayah Palu, Buol dan Toli-toli, getaran akibat guncangan gempa bumi dirasakan dengan skala intensitas II MMI.

Dengan skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujarnya.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 09.40 WIB, Kamis (26/8/2021) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Dengan adanya kondisi ini, Bambang mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Serta, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/26/101339423/gempa-m-58-guncang-teluk-tomini-sulteng-tak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke