Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Satelit Ungkap Rupa Pandemi Virus Corona Dilihat dari Luar Angkasa

KOMPAS.com - Berbagai negara menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran pandemi global virus corona atau Covid-19. Efek dari penerapan ini tertangkap kamera satelit milik Maxar Technologies.

Dilansir dari Space.com, Rabu (25/3/2020); semenjak orang-orang memutuskan untuk tinggal di rumah dan melakukan social distancing, tempat-tempat publik yang biasanya ramai oleh kerumunan orang kini menjadi sepi.

Seperti misalnya persimpangan jalan raya di Los Angeles, California. Kedua foto ini diambil pada Januari dan Maret 2020, tetapi rupanya snagat berbeda. Pada foto Maret 2020 (bawah) hanya sedikit mobil yang lalu lalang di jalanan.

Dampak berkurangnya aktivitas sosial manusia tidak hanya terlihat di jalan raya, tempat umum lainnya seperti bandara, mall, serta tempat destinasi wisata juga jarang dikunjungi orang.


Foto-foto yang didapatkan satelit Maxar menunjukkan efek skala besar dari pandemi global ini, yang telah membuat kota-kota paling padat sekalipun menjadi kota hantu.

Selain mengambil gambar tempat-tempat publik yang menyepi, seperti koloseum Roma (foto paling awal) dan Taj Mahal (atas), satelit Maxar juga menangkap pembangunan fasilitas kesehatan tambahan untuk menangani pasien virus corona.

Kedua foto ini menunjukkan rumah sakit dibangun di Wuhan, China, tempat pandemi pertama kali muncul.

Satelit Maxar juga mengambil gambar fasilitas kesehatan yang dibangun di Jerman serta stadium bola di Sao Paolo, Brasil, yang diubah menjadi rumah sakit untuk menangani pasien virus corona.

"Maxar memindai foto-foto satelit terbaru yang menangkap pembangunan fasilitas kesehatan untuk menghadapi virus corona. Kami rasa akan ada lebih banyak pembangunan fasilitas lainnya untuk beberapa minggu ke depan," jelas tim ofisial Maxar.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/28/183300723/foto-satelit-ungkap-rupa-pandemi-virus-corona-dilihat-dari-luar-angkasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke