Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Dua Cara Terbaik Fengsui Bikin Tidur Nyenyak

Kompas.com - 25/05/2024, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penataan kamar dengan prinsip fengsui dipercaya dapat memberikan rasa nyenyak saat tidur malam setelah seharian beraktivitas.

Sebab, tempat tidur merupakan benda paling penting di kamar dan orientasinya dapat meningkatkan kelancaran aliran chi atau yang mengganggu energi kamar tidur.

Dalam fengsui, pintu kamar tidur bisa menjadi penguras energi. Oleh karenanya, coba pertimbangkanlah dengan baik memposisikan tempat tidur dan pintu kamar.

Melansir Home Guides SF Gate, ketahuilah posisi terbaik menempatkan tempat tidur dengan pintu kamar sebagai berikut:

1. "Peti mati"

Pertimbangan klasik untuk penempatan tempat tidur adalah menghindari kaki Anda mengarah ke pintu saat berbaring. Ini disebut dengan posisi peti mati.

Alasan posisi ini meniru peti mati karena seseorang yang meninggal biasanya dibawa dari kamar tidur dengan kaki terlebih dahulu dan ini gambaran bencana yang tidak akan berkontribusi pada chi yang baik.

Pintu menguras energi. Dengan begitu, tidur sejajar dengan pintu akan melemahkan chi saat energi mengalir keluar pintu. 

Baca juga: Menurut Fengsui, Begini Cara Memilih Warna Pintu Depan Rumah

Solusinya, coba perbaiki masalah dengan memindahkan tempat tidur, menambahkan papan kaki yang tertutup dan tinggi ke tempat tidur, atau meletakkan lemari atau rak buku yang kokoh atau kursi berlapis kain di antara tempat tidur dan pintu.

2. Tempat tidur di samping pintu

Jika tempat tidur dekat dengan pintu, chi akan masuk dan menciptakan kekacauan atau menguras tenaga dan melemahkan Anda.

Energi mengalir melalui pintu dua arah. Jadi, tempat tidur di dinding pintu, baik memanjang maupun tepat di kepala tempat tidur, berada dalam jalur energi yang tidak harmonis.

Apabila memposisikan ulang tempat tidur bukan suatu pilihan, Anda perlu memperbaiki ketidakseimbangannya.

Caranya, letakkan meja dengan lampu di antara tempat tidur dan pintu. Tambahkan sebaris rak di antara tempat tidur dan pintu, rak rendah tidak apa-apa.

Bisa pula menggunakan partisi berdiri bebas sebagai obat fengsui yang dapat disesuaikan untuk menghalangi aliran energi ke dalam ruangan dan menjaga energi tidak keluar dari pintu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com